Jokowi saat deklarasi dukungan 1.000 purnawirawan TNI-Polri

@Rayapos | Jakarta – Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat dukungan dari para purnawirawan TNI dan Polri. Dia menegaskan, TNI dan Polri yang aktif harus netral, tapi kalau sudah purnawirawan beda.

“Yang namanya TNI dan Polri itu harus netral. Tapi, yang hadir di sini adalah para purnawirawan TNI/Polri, tolong dibedakan,” kata Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019).

Jokowi menjamin, para purnawirawan itu tidak akan mempengaruhi para juniornya yang masih bertugas.

“Ndak, ndak, ndak (mempengaruhi). Jadi, beliau ini para purnawirawan TNI dan Polri adalah tokoh-tokoh yang ada di masyarakat, daerah, provinsi, kabupaten dan kota. Jadi, beliau ini biasanya menjadi tokoh-tokoh yang mempengaruhi di wilayah, kabupaten, kota dan provinsi,” kata Jokowi.

Para purnawirawan yang hadir di antaranya, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Jenderal (TNI) Subagyo HS, Mayjend (Purn) Muchdi PR dan Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh.

Hadir juga Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi dan Marsekal (TNI) Agus Supriyatna, Jenderal Pol (Purn) Bimantoro, Jenderal Pol (Purn) Roesmanhadi dan Jenderal Pol (Purn) Da’i Bachtiar.

Koordinator deklarasi, Laksamana Muda TNI (Purn) Iskandar Sitompul, mengatakan dukungan diberikan karena kinerja Jokowi sebagai presiden dianggap telah terbukti.

“Ada 1.000 purnawirawan yang akan mendeklarasikan dukungan untuk Pak Jokowi,” kata Iskandar dalam keterangannya.

Ia menuturkan, para purnawirawan yang bakal mendeklarasikan dukungan menilai Jokowi adalah pemimpin yang teladan, jujur, dan bersih.

Jokowi, lanjut Iskandar, juga tidak memiliki permasalahan keluarga sehingga selalu bekerja keras untuk membuat Indonesia maju dalam segala hal.

“Kinerjanya kita bisa lihat. Pekerja keras kita lihat dari segala hal,” ujar Iskandar.

Mantan Kapuspen TNI ini menuturkan, masifnya pembangunan infrastruktur di era Jokowi menjadi alasan lain para purnawirawan memberi dukungan.

Sejumlah infrastruktur yang dianggap positif bagi pembangunan bangsa yang dikerjakan oleh pemerintahan Jokowi, kata Iskandar, di antaranya jembatan, jalan tol, bendungan, bandara, hingga pelabuhan.

“Ini kan sudah teruji kepemimpinan Beliau. Makanya purnawirawan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan polisi saat bertemu dalam dialog mengatakan mau dukung,” ujar Iskandar.

BAGIKAN