Massa di luar Stadion Maesa Tondano, Sulut, pada pukul 15.08 Senin (11/12) sore ini. Mereka tertib antre. (Foto: Raya Pos/DWO)

@Rayapos.com | Tondano – Panggung acara bela negara di Stadion Maesa Tondano, Sulut, masih kosong. Sampai dengan pukul 14.50 Wita, Senin (11/12) saat ini, belum satu pun tokoh yang hadir di tribun kehormatan.

Namun, lebih dari 100 ribu massa sudah berkumpul di dalam dan luar stadion. Nyaris seluruh tribun terisi manusia.

Bahkan, pada jarak sekitar 500 meter dari stadion, massa pelajar sedang berkumpul untuk bersama menuju stadion.

Mereka semua mengenakan seragam BELA NEGARA yang disponsori Universitas Prisma (U Prisma) Manado dan Raya Network.

Baca juga: Selebriti yang Bertunangan di Tahun 2017

U Prisma berlokasi di Jalan Pomorouw nomor 113, Tikala, Manado, Sulut. Menyatu dengan SMP, SMA dan SMK Prisma di lahan komplek sekolah itu seluas sekitar 5 hektar.

Universitas yang didirikan tahun lalu itu, didedikasikan untuk pendidikan tinggi dan spirit bela negara. Gedung kampusnya berlantai tujuh.

Sedangkan, Raya Network bisnis berbasis IT. Yakni, Raya Pos (media massa online). RayaSem (search engine) dan Rayaku (aplikasi chating).

Baca juga: Cinta Laura “Comeback” di Film Indonesia

Berdasarkan pantauan wartawan Raya Pos di kawasan Stadion Maesa, meski hampir 100 ribu massa berkumpul di sini, namun suasana tertib. Sama sekali tidak ada keributan.

Jika dibandingkan dengan acara berjumlah massa yang sama di Jawa, pemuda dan pelajar Sulut lebih tertib. Mereka berinisiatif antre masuk stadion, dengan tertib.

Jumlah aparat polisi dibantu TNI, tidak banyak. Diperkirakan sekitar 2 SSK (Satuan Setingkat Kompi). Atau, sekitar 200 personil dari Polri dan TNI.

Jika diperbandingkan antara jumlah massa dengan aparat keamanan, sekitar 500 : 1.

Baca juga: Selena Gomez Bagikan Ini Setelah Ibunda Justin Bieber Nyatakan Restu Baginya

Polda Sulut juga menurunkan dua Unit K-9 (anjing) di lapangan. Berbeda dengan di Jawa yang menggunakan anjing jenis German Shepherd (biasa disebut Herder), di sini menggunakan anjing Pitbull yang dikenal berkarakter tempur, pantang menyerah. Tentu lebih menakutkan Pitbull.

Dua Unit K-9 bersiaga di seputar panggung. Namun, melihat massa yang tertib, polisi dibantu TNI hanya bersikap siaga. (dwo)