Kemendagri akan tertibkan pemegang e-KTP ganda

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo. (Foto: kompas.com)

@Rayapos.com | Jakarta: Kementerian Dalam Negeri dalam waktu dekat akan melakukan penertiban terhadap warga yang memiliki kartu identitas ganda.

Hal ini menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, setelah ditemukan ada orang yang memiliki e-KTP ganda.

“Mulai tahun ini kami tertibkan,” ujar Tjahjo, dalam acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan di Hotel Clarion, Senin (20/3/2017).

Dijelaskan oleh politisi PDIP ini, ditemukannya KTP elektronik ganda setelah polisi menangkap satu orang yang memiliki 169 e-KTP asli dengan alamat berbeda, yang digunakan untuk membobol ATM.

“Sidik jarinya sama, hanya namanya saja bolak-balik. Sedangkan fotonya ada yang pakai kacamata, jenggot, dan kumis. Statusnya ada yang sudah menikah, ada juga bujangan,” jelasnya.

Rencananya, penertiban data ganda kepemilikan e-KTP ini dilakukan berbarengan dengan program penuntasan pembuatan e-KTP. Kementerian Dalam Negeri berharap blangko e-KTP sudah mulai dicetak April-Juni 2017. Dengan demikian, 96,54 persen yang sudah merekam dari total warga Indonesia sekitar 255 juta jiwa datanya bisa diserahkan ke masing-masing daerah.

“Mudah-mudahan bisa tuntas juga 4,5 juta jiwa, termasuk kami selesaikan yang 3,2 juta. Jadi, dalam pilkada 2018, data itu bisa kami serahkan ke gubernur dan kabupaten/kota,” pungkasnya.

 

Comments

comments