118 Bendera BUMN Berkibar di Bukit Meresek-Mandalika

@Rayapos | Lombok: Menteri BUMN Rini Soemarno, Jumat pagi melakukan kunjungan kerja di Mandalika, Lombok Tengah, NTB sekaligus merayakan bersama HUT 22 BUMN yang jatuh pada bulan Desember dan Januari.

Bertajuk “BUMN Hadir Untuk Negeri” kunjungan kerja Rini diikuti sekitar 400 direksi dan karyawan dari 118 perusahaan milik negara.

Rini menggalang sinergi seluruh BUMN untuk mempercepat pembangunan infrastuktur dasar dan pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sekaligus pengembangan pariwisata di kawasan ini.

Selain itu, sinergi BUMN tersebut juga terkait dengan kegiatan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/ CSR) di bidang pariwisata, pendidikan, lingkungan dan infrastruktur.

Sejak pukul 04:30 WITA, Rini bersama rombongan berangkat dari Mataram, menuju kawasan Mandalika.

Tepat pukul 06.15 WITA, di saat matahari baru beranjak naik, Rini mengawali kunjungan kerjanya dengan mendaki puncak Bukit Meresek untuk prosesi penancapan Bendera Merah Putih dan Bendera BUMN, sekaligus menyanyikan Lagu Padamu Negeri.

Rini didampingi direksi 118 BUMN antara lain, Dirut Antam Teddy Badrujaman, Dirut Pegadaian Riswinandi, Dirut Taspen Iqbal Latanro, Dirut Garuda Indonesia Arif Wibowo, Dirut Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Dirut Waskita Karya A. Choliq termasuk Direktur Pemberitaan LKBN Antara Aat Surya Safaat, Direktur Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya.

Di ketinggian tersebut, Rini juga melakukan senam pagi dan aktivitas lainnya seperti dance senam Pinguin, Maumere dance dan “mannequin challenge”.

Pelaksanaan program “BUMN Hadir untuk Negeri”, berlangsung di empat lokasi, yakni di Tanjung Aan, Bukit Meresek, Desa Ende dan Desa Sembalun, Rinjani, dimana program tersebut dirangkai dengan berbagai kegiatan, antara lain kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) di bidang pariwisata, pendidikan, lingkungan dan infrastruktur.

Rini mengatakan, pembangunan dan promosi pariwisata nasional haruslah dilakukan secara aktif dan berkelanjutan, melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri.

“BUMN didorong untuk bersinergi agar bisa melakukan percepatan pembangunan destinasi pariwisata di kawasan yang dikenal dengan wisata bahari dan turisme halal terbaik dunia, sekaligus sebagai destinasi wisata cruise,” katanya.

Setelah itu, Rini bergerak ke Pantai Kuta Mandalika meresmikan ikon “Kuta Mandalika” yang diikuti penyerahan bantuan CSR sebesar senilai total Rp9,5 miliar di bidang lingkungan, pendidikan dan pemberdayaan SDM, serta bidang sosial, seni dan budaya.

“Bantuan CSR ini untuk kemajuan pariwisata Mandalika dan sekitarnya. Pemilihan kawasan Mandalika bentuk dukungan BUMN terhadap program pemerintah dalam percepatan pembangunan Mandalika sebagai destinasi halal tourism terbaik dunia, sekaligus sebagai destinasi wisata cruise,” kata Rini.

Sementara itu, Dirut Garuda Indonesia, Arif Wibowo sebagai koordinator kegiatan HUT 22 BUMN tersebut mengatakan, dengan semangat sinergi yang tengah ditumbuh-kembangkan bersama di lingkungan BUMN, siap terjun langsung di tengah masyarakat yang masih memerlukan perhatian dan dukungan dari seluruh komponen bangsa, terutama BUMN. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY