Tampak depan unit show Rumah DP 0 Rupiah di Rorotan Jakarta Utara. (FOTO: detik)

@Rayapos | Jakarta – Rumah tapak DP Rp 0 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara bakal dibangun 100 unit di atas lahan seluas 1,3 hektare milik pengembang PT Nusa Kirana.

“(Yang mau dibangun) 100 unit,” kata Lurah Rorotan Yuyun Wahyudi ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Meski show unitnya sudah jadi, namun pembangunan proyek swasta ini belum dimulai. Bahkan tanah seluas 1,3 hektar tersebut masih berupa hamparan sawah.

Namun, spesifikasi dan fasilitasnya sudah dapat diketahui. Apa saja?

Infografis: Rayapos/Ahmad Thoyib
Infografis: Rayapos/Ahmad Thoyib

 

Di lain pihak, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih enggan mengomentari lebih lanjut pembangunan rumah tapak DP 0 rupiah di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Anies memastikan, groundbreaking rumah tapak DP 0 rupiah di Rorotan belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Kendati demikian, Anies mempersilakan pihak swasta untuk membantu program pengadaan rumah murah Pemprov DKI. Namun, ia menekankan perlu adanya aturan dan tata kelola yang jelas apabila melibatkan pihak swasta.

“Justru itu kalau ada pihak-pihak (swasta) yang mau menyelenggarakan silakan selenggarakan. Tapi kalau diselenggarakan bersama Pemprov DKI ada tata kelolanya. Ada aturannya. Kalau swasta mau selenggarakan silakan aja,” ucap Anies di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2018).