Foto: Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Saat ini penyakit stroke menjadi salah satu ‘pembunuh’ nomor satu di Indonesia. Peningkatan prevalensi stroke disebabkan perubahan pola hidup kurang sehat seperti berkurangnya aktivitas fisik, merokok dan meningkatnya stres emosional.

Bagi penderita stroke obat yang berbahan alami sering menjadi pilihan masyarakat. Selain harganya lebih murah, ramuan alami ini juga rendah efek samping.

Sebagaimana dilansir laman alodokter.com, Selasa (25/9/2018), berikut beberapa bahan alami yang dipercaya ampuh mencegah dan mengatasi gangguan stroke.

1. Bawang Putih
Bahan alami pertama yang dipercaya bisa mencegah dan mengatasi stroke adalah bawang putih. Nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih sangat bermanfaat melebarkan pembuluh darah sehingga bisa mencegah stroke.

Tak hanya mencegah stroke, bawang putih juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

2. Kunyit
Bahan alami selanjutnya yang bermanfaat mencegah dan mengobati stroke adalah kunyit. Berdasarkan beberapa studi, kunyit bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan membantu mencegah penyumbatan di arteri.

Nutrisi pada kunyit juga dipercaya ampuh melindungi serta meregenerasi sel otak pasca serangan stroke. Kunyit juga bermanfaat membuat pikiran lebih tenang dan tubuh lebih rileks.

3. Ginseng
Bahan alami ketiga untuk mencegah dan mengatasi stroke adalah ginseng. Penelitian menyebutkan jika kandungan nutrisi pada ginseng membantu mencegah dan mengatasi stroke serta memulihkan memori yang sempat terganggu akibat serangan stroke.