FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA

@Rayapos | Jakarta – Memasuki 30 hari menjelang Asian Games, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta gencar melakukan sterilisasi dan penertiban di sejumlah titik bakal venue perhelatan multi olahraga tersebut.

Belum lama ini adalah keberadaan kaki lima Sate Taichan di kawasan Senayan di depan dan seberang Plaza Barat Kompleks GBK. Pemandangan penuh pedagan kaki lima sempat disebut bakal ditertibkan dalam rangka sterilisasi di sekitar Kompleks GBK demi melancarkan arus lalu lintas sepanjang gelaran Asian Games.

Rupanya selain Sate Taichan, kawasan GBK juga masih banyak dipenuhi kelompok-elompo anak jalanan yang kerap muncul di kawasan GBK.

Baca juga:

MotoGP: Rossi ‘Pede’ Bisa Raih Gelar Juara Kesepuluh

Nafa Urbach Daftar Bacaleg Nasdem, Ingin Masuk Komisi VIII DPR

Vina salah satu anak jalan yang ditemui Senin malam (16/7/2018) mengakui bahwa kelompoknya ini rutin mendatangi kawasan GBK setiap malamnya.

Mereka terdiri dari sembilan orang. Enam orang dewasa, terdiri dari empat wanita dan dua pria, serta tiga orang anak dibawah umur satu lelaki dua anak wanita, usia ketiganya tidak terpaut jauh dari dua hingga 4 tahun.

Gerombolan anak jalanan ini bisanya nongkrong diatas trotoar di seberang GBK, beberpa meter dari pos polisi didepan trafiglihght Jalan Asia – Afrika. Bahkan dari mereka ada yang menggelar tikar atau tenda dan tidur diatas trotor dikawasan ini.

“Setiap malam kesini, saya bawa anak dua orang, dan teman saya punya satu anak,” ungkap.

Vina menjelaskan kelompknya memang mencari nafkah disekitar kawasan GBK, tiga anak kecil dan satu orang dewasa biasanya mengamen di trafiglight Jalan Asia – Afrika, kadang juga juga mereka menjual tisue pada pengendara yang melintasi kawasan ini saat sedang menunggu lampu merah.

“Ngamen dilamupu merah situ, tapi kadang ngamen sambil jualan tisue juga,” uacap Vina.

Selain menjadi pedagan asongan dan mengamen, rupanya kelompok anak jalanan ini juga sering menjadi tukang parkir “Pak Ogah” disejumlah titik putaran kawasan GBK.

“Biasanya ada dua orang yang jaga kalu malam rame banget disitu, terus ada lagi yang nanti jaga diputaran balik di pintu masuk GBK di depan FX disana ada dua putaran balik,” tutupnya.

BAGIKAN