5 Cara ampuh jauhkan anak dari narkoba

5 Cara Ampuh jauhkan anak dari narkoba (Infografis : Divisi Humas POLRI)

@Rayapos.com | Jakarta: Penyebaran narkoba di Indonesia sudah semakin menggila. Sindikat yang ingin mengeruk  keuntungan dengan menjerumuskan nyawa manusia tak takut lagi dengan ancaman tembak mati yang dikeluarkan oleh polisi.

Namun ada yang jauh lebih mengkawatirkan lagi dari penyebaran narkoba ini. Beberapa saat lalu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) menyebut pengedaran dan penyalahgunaan narkoba mulai menyasar lingkungan sekolah. Bahkan, narkoba itu ada yang berbentuk permen untuk dipasarkan ke anak-anak.

Biasanya, modus pengedaran yang digunakan sengaja dibuat untuk menarik perhatian anak-anak. Barang haram itu pun dikemas dalam bentuk permen dan bentuk-bentuk menarik lainnya.

Data yang dicatat oleh BNN tahun 2015 lalu, kasus pemakaian narkoba oleh pelaku dengan tingkat pendidikan SD hingga tahun 2012 mencapai lebih dari 25 ribu 300 kasus.  Sangat mengkhawatirkan bukan?

Nah, untuk itu, para orangtua perlu melakukan pencegahan dan pengawasan agar sang buah hati selamat dari terkaman maut jaringan dan penggunaan narkoba. Caranya?

  1. Menjalin komunikasi antara anak dan orangtua dengan baik
  1. Ketahui apa yang terjadi dengan anak- anak dan teman-teman mereka
  1. Jelaskan dengan baik apa yg mereka harus tahu dan apa yang mereka ingin ketahui.
  1. Tawarkan pilihan dan jangan memerintah. Jika orangtua ingin anaknya mengerjakan sesuatu, sebaiknya hindari cara-cara memerintah, karena itu hanya akan menimbulkan pembangkanga, sebaliknya tawarkan dia pilihan sehingga anakjuga terlatik untuk memegang komitmen.
  1. Awasi mereka dan tetap menghargai privasi

Dengan melindungi dan menjauhkan anak dari jangkauan narkoba,  itu artinya anda sudah menyelematkan masa depan anak anda dan juga masa depan bangsa dan Negara tercinta.

Comments

comments