@Rayapos | Jakarta – Gelaran Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang hanya tinggal sebulan lagi. Sebagai rangkaian awal, pelaksanaan kirab obor pun telah dimulai. Proses penyalaan obor sudah dilakukan sejak Minggu (15/7/2018).

Seperti diketahui, sumber api obor diambil dari api abadi Asian Games yang tersimpan di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, yang menjadi arena pelaksanaan perdana 1951.

Obor akan tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah pada 18 Juli. Selanjutnya, kirab obor Asian Games ini bakal memulai perjalanannya ke-53 kota yang berada di 18 provinsi.

Kirab obor ini juga diharapkan dapat menjadi kesempatan pemerintah pusat maupun daerah yang akan dilalui untuk mengenalkan budaya serta tempat wisata daerah sekitar kepada dunia.

“Melihat rute torch relay yang melintasi seluruh pulau di Nusantara, saya yakin Asian Games 2018 akan punya dampak luas untuk juga mensosialisasikan eksplorasi budaya dan pariwisata Indonesia sehingga masyarakat dunia akan tahu lebih jauh tentang negeri kita,” ungkap Ketua INASGOC, Erick Thohir.

Baca Juga:

IBL Panggil Pengawas Wasit dari FIBA

Gandeng LIMA, IBL Jaring Bibit Pemain Muda Berbakat

Ia menambahkan, kesempatan ini berdampak positif bagi peningatan jumlah wisata mancanegara di Indonesia dan meningkatkan perekonomian rakyat.

Berikut perjalanan obor Asian Games di Indonesia:

17 – 19 Juli, DI Yogyakarta – Mrapen – Simpang Lima – Prambanan – Solo 19 – 21 Juli, Blitar – Kepanjen – Malang – Bromo – Probolinggo – Situbondo – Bondowoso 21 – 23 Juli, Banyuwangi
23 – 24 Juli, Gilimanuk – Kuta – Denpasar – GWK (Garuda Wisnu Kencana)
24 – 25 Juli, Mataram
26 – 28 Juli Raja Ampat – Sorong
28 – 30 Juli Tanjung Bira – Makassar
30 – 31 Juli Banjarmasin
31 Juli Banda Aceh
31 Juli – 1 Agustus, Danau Toba
1 – 2 Agustus, Pekanbaru
2 – 3 Agustus, Bukit Tinggi
3 Agustus, Jambi
4 – 7 Agustus, Palembang, Banyuasin, Pematang Hilir, Prabumulih, JSC, Ogan Ilir
8 -9 Agustus, Bandar Lampung
9 – 10 Agustus, Serang
10 – 13 Agustus, Kabupaten Purwakarta, Bandung, Garut
13 – 15 Agustus, Cianjur – Bogor
18 Agustus, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta