Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Terong Ungu dikenal sebagai salah satu bahan masakan, jenis terong ini memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan terong hijau. Cara mengolahnya pun bermacam-macam seperti disayur, digoreng, hingga dijadikan sambal.

Selain bisa dijadikan masakan yang lezat, tahukah kamu jika terong ungu berkhasiat untuk kesehatan karena memiliki kandungan gizi dan senyawa diantaranya Vitamin A, B, C, E dan K, serat, protein, lemak, karbohidrat

Disamping itu, jenis sayuran ini juga mengandung mineral seperti tembaga, besi, kalsium, magnesium, mangan, fosfor dan kalium. Bahkan Senyawa nasunin yang merupakan antioksidan bisa di temukan pada kulit terong.

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Senin (19/11/2018), berikut manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi terong ungu secara rutin. Yuk, simak penjelasannya.

1. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien bermanfaat bagi kesehatan jantung. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air pada terong juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

2. Menormalkan kadar kolesterol
Terong ungu tidak mengandung koleserol, jenis sayuran ini kaya akan senyawa asam klorogenat. Senyawa ini terbukti mampu menurunkan berat badan serta kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah) dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Manfaat Terong Ungu juga diyakini bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan sayuran ini, Anda akan teindungi dari berbagai masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Selain itu, penyerapan gizi juga jauh lebih baik karena usus berjalan baik.

4. Meningkatkan fungsi otak
Senyawa nasunin yang terdapat dalam terong ungu dapat berfungsi sebagai pelindung membran sel saraf dan otak. Hal ini dapat mencegah terjadinya berbagai kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas.

5. Memelihara kesehatan tulang
Tulang membutuhkan berbagai macam mineral untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral tersebut antara lain adalah tembaga, magnesium, dan kalium. Selain itu, tulang juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang.

6. Mencegah kanker
Terong kaya akan polifenol, antosianin, dan asam klorogenat. Zat-zat tersebut baik untuk mencegah pertumbuhan tumor serta menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh Anda.

7. Membuat kulit lebih lembut dan bercahaya
Terong ternyata bisa jadi jawaban bagi permasalahan kulit Anda yang kusam dan kering. Buah ini kaya akan antioksidan dan terdiri dari kira-kira 92 persen air. Antioksidan juga akan menangkal radikal bebas.

BAGIKAN