Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Kayu manis atau bernama latin Cinnamomum verum merupakan jenis rempah-rempah yang mudah dijumpai. Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan rempah-rempah ini untuk campuran masakan agar lebih lezat.

Namun, sejatinya kayu manis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak perlu tambahan bahan lain, merebus kayu manis dan meminum air rebusannya saja sudah bisa mendapatkan manfaatnya.

Secara tradisional, kayu manis juga memiliki kandungan potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi. Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, berikut manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah diabetes
Senyawa polifenol dan antioksidan di dalam kayu manis bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah, sehingga bermanfaat dalam mengobati diabetes tipe 2.

2. Meringankan kram menstruasi
Menurut National Center For Biotechnology, wanita yang tersiksa dengan kram menstruasi bisa meringankan kram yang mereka derita dengan minum air kayu manis. Sebabnya, kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri.

3. Mengurangi efek buruk PCOS
PCOS atau sindrom ovarium polikistik, adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista yang berkembang di sisi luar. Minum air rebusan kayu manis menurunkan resistensi insulin pada wanita penderita PCOS.

4. Menurunkan berat badan
Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan.

Baca Juga:

Eh, Ternyata Buah Apel Bermanfaat Buat Kecantikan

Sering Peluk dan Cium Buah Hati Banyak Manfaatnya Lho..

Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Kulit Lemon Bagi Kesehatan

5. Meningkatkan fungsi otak
Menurut penelitian, air kayu manis memiliki kemampuan untuk memperlambat perkembangan penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer karena nutrisi di dalamnya akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

6. Meningkatkan imunitas atau daya tahan tbuh
Air kayu manis kaya akan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga memiliki sifat anti jamur, antibakteri, dan antivirus yang menurunkan risiko berbagai penyakit.

7. Mencegah kanker
Kayu manis mengandung senyawa anti karsinogenik yang terbukti bermanfaat untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.