@Rayapos | Jakarta – Semua orang pasti mengenal buah pepaya. Pepaya mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan. Buah yang mudah dijumpai ini paling ampuh untuk melancarkan pencernaan dan BAB.

Di dalam satu buah pepaya dengan ukuran sedang terkandung sekitar 120 kalori, 30 gram karbohidrat (di dalamnya terdapat 5 gram serat dan 18 gram gula) dan 2 gram protein.

Selain bagus untuk kesehatan, pepaya ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Buah pepaya mengandung enzim yang berfungsi menganalisis protein pada tubuh, mendorong metabolisme, dan mempercepat penghapusan kelebihan lemak.

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (21/11/2018), berikut manfaat pepaya untuk kecantikan dan perawatan tubuh.

1. Mencegah penuaan dini
Pepaya juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi wajah kita dari radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan beraneka ragam masalah kulit, seperti kulit kering, keriput, dan masalah lainnya.

2. Melembutkan kulit wajah
Di dalam pepaya terdapat enxim atau AHA yang berguna menghilangkan sel kulit mati. Jika Anda menggunakan pepaya sebagai perawatan kecantikan secara teratur, Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan lembut.

3. Mengangkat sel kulit mati
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pepaya mengandung enzim yang mampu mengangkat sel kulit mati. Ini bisa membuat kulit jadi lebih halus dan bersih. Kulit juga jadi lebih segar dan sehat.

4. Mencerahkan, memutihkan dan membersihkan kulit
Masker buah pepaya muda bisa membantu Anda memperoleh kulit yang cerah. Penyebab kulit menjadi gelap adalah produksi melanin yang banyak pada tubuh. Buah pepaya mengandung vitamin dan enzim tironase yang bisa menghambat produksi melanin.

Baca Juga:

7 Manfaat Makan Terong Ungu Bagi Kesehatan

Selain Segar Dikonsumsi, Mentimun Bermanfaat Bagi Kecantikan

8 Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan

5. Mengatasi jerawat
Masker pepaya juga bisa menghilangkan jerawat dan menyamarkan noda, flek, bahkan bekas jerawat. Pepaya mampu menyerap produksi minyak pada kulit. Enzim papain yang ada pada pepaya juga mampu melawan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat.

6. Mengatasi kaki yang pecah-pecah
Tumit kaki yang pecah-pecah sering dialami pada saat musim kemarau. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan getah dari buah pepaya muda. Selain bisa menghaluskan kaki, getah ini menghaluskan telapak tangan.

7. Melangsingkan tubuh
Enzim pada pepaya dapat mengurai protein, lemak, dan karbohidrat. Mengonsumsi pepaya muda bisa membantu Anda memperbaiki sistem metabolisme. Proses pembakaran lemak menjadi energi bagi tubuh menjadi lebih baik.