8 cara mencegah penyakit asam lambung

Ilustrasi sakit asam lambung (Foto: ilustrasi)

@Rayapos.com | Jakarta: Merasa mual, perut kembung dan terasa penuh,  sakit di bagian ulu hati?  Waspada, bisa jadi itu gejala asam lambung naik.

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Asam lambung merupakan keadaan di mana organ lambung mengalami penurunan fungsinya, atau terdapat bagian lambung yang tidak dapat berfungsi dengan baik lagi.

Bagian lambung yang fungsinya seperti pintu untuk jalan masuknya makanan dari kerongkongan yang tidak bisa tertutup kembali dengan rapat menimbulkan penyakit asam lambung.

Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah asam lambung agar tidak naik :

  1. Makan teratur

Agar asam lambung tidak naik, biasakan pola makan yang teratur. Jangan biarkan lambung kosong terlalu lama. Makanlah dengan porsi kecil namun sering, makan 3 jam sekali.

  1. Kurangi makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak bisa menyebabkan organ pencernaan sulit untuk menerima bahan tersebut. Bahkan lambung bisa menambah produksi asam hanya untuk membuat organ pencernaan bisa menerima lemak. Selain itu konsumsi lemak juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan potensi penyakit jantung, diabetes, kolesterol tinggi, dan jenis penyakit lain.

  1. Kurangi makanan pedas

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang pedas bisa membuat potensi asam lambung naik dengan cepat. Makanan pedas tidak hanya menyebabkan lambung menjadi perih. Produksi asam akan menjadi berlebihan untuk membuat ruang pencernaan menerima makanan pedas tersebut.

  1. Jangan tidur setelah makan

Biasanya rasa ngantuk akan datang setelah makan, tapi jangan pernah tidur setelah baru saja selesai makan. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan asam lambung cepat naik. Ketika Anda makan maka lambung baru saja menerima makanan. Kemudian jika langsung tidur maka bisa menyebabkan asam naik dengan cepat. Hal ini dipengaruhi oleh perlawanan lambung dan organ pencernaan lain terhadap gaya gravitasi. Asam akan lebih mudah naik dan bahkan kembali naik ke tenggorokan.

  1. Meninggikan bantal saat tidur

Membuat posisi bantal yang lebih tinggi saat tidur juga bisa menjadi cara mencegah  asam lambung naik. Posisi ini sangat baik untuk asam lambung karena mencegah agar produksi asam yang berlebihan tidak naik sampai tenggorokan. Cara sederhana ini akan mengurangi asam lambung dan membuat lambung lebih cepat sehat.

  1. Hindari minuman yang mengandung kafein

Agar asam lambung tidak naik maka hindarilan minum kopi atau jenis minuman lain yang mengandung kafein. Semua jenis minuman yang mengandung kafein bisa menyebabkan produksi asam lambung yang berlebihan. Selain itu efek kafein juga bisa menurunkan nafsu makan, mengurangi tingkat keseimbangan cairan dalam tubuh serta efek lambung yang berlebihan.

  1. Hindari makanan asam

Hindarilah makanan yang asam agar asam lambung tidak naik. Makanan yang asam biasanya identik dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Namun ternyata zat asam akan memicu asam lambung yang berlebihan. Hal ini juga bisa merusak kondisi lambung.

  1. Biasakan makan dalam porsi yang kecil

Agar asam lambung tidak naik, biasakanlah makan dalam jumlah yang kecil. Cara makan dengan jumlah porsi yang kecil serta sering akan membuat lambung bisa bekerja dengan lebih baik. Bahkan kebiasaan ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sementara jika makan dalam jumlah yang besar namun jarang maka bisa membuat organ pencernaan bekerja sangat berat. Hal ini juga sangat buruk untuk tubuh karena meningkatkan berat badan.

Comments

comments