8 Makanan ini tidak baik disimpan dalam kulkas

Buah dan sayur dalam kulkas (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Kulkas atau lemari es sangat berperan penting di dalam rumah tangga, karena berguna untuk menyimpan beraneka macam sayuran, buah-buahan, minuman dan lain lain. Jaman sekarang, hampir semua rumah tangga memiliki kulkas yang biasa ditempatkan di dapur karena  memudahkan untuk menyimpan makanan mentah saat akan diolah.

Bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas dapat tahan lebih lama daripada bahan makanan yang tidak disimpan di dalam kulkas. Hal ini dikarenakan suhu yang dingin menghambat pembusukan berbagai bahan makanan misalnya sayuran, daging, buah, dan lain sebagainya.

Tapi ternyata tidak semua bahan makanan bisa disimpan di dalam kulkas, karena malah akan merubah tekstur, kandungan gizi, dan rasa bahan makanan tersebut.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang tidak baik bila disimpan dalam kulkas :

  1. Kentang

    Ilustrasi kentang (Foto: ilustrasi)
    Ilustrasi kentang (Foto: ilustrasi)

Kentang tidak bagus apabila disimpan didalam kulkas karena suhu dingin akan membuat kentang lembab dan cepat busuk. Jadi cukup disimpan di tempat terbuka. Tapi jangan disimpan bersebelahan dengan bawang putih atau merah, karena keduanya akan cepat membusuk. Suhu dingin di dalam kulkas juga akan mengubah karbohidrat di dalam kentang menjadi gula lebih cepat, sehingga kentang akan menjadi lebih manis dan keras.

  1. Tomat
Ilustrasi tomat (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi tomat (Foto: ilustrasi)

Jangan simpan tomat di dalam kulkas karena kandungan vitamin  A, C dan lycopenenya pada tomat  akan mudah hilang. Sebaiknya, pertahankan kandungan dari tomat ini dengan menyimpannya pada suhu ruang dan gunakan selagi matang. Namun jika untuk tomat yang masih muda dan memerlukan waktu yang lama untuk matang, bisa saja disimpan di dalam kulkas tetapi jangan terlalu lama karena tomat bisa mengalami pengerutan.

  1. Melon
Ilustrasi Melon (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi Melon (Foto: ilustrasi)

Jangan memasukan buah melon ke dalam kulkas dalam keadaan masih bulat utuh karena sifat aktioksidan yang berguna untuk tubuh kita akan hilang. Apabila ingin memasukan melon kedalam kulkas agar dingin, potong-potong terlebih dahulu.

  1. Madu
Ilustrasi Madu (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi Madu (Foto: ilustrasi)

Menyimpan madu dalam kulkas akan membuat kualitas dari madu menjadi tidak baik, karena suhu dingin akan membuat madu lebih pekat, mengeras bahkan mengkristal. Selain itu nutrisi dalam madu juga akan hilang. Sebaiknya madu disimpan di suhu ruangan.

  1. Pisang
Ilustrasi Pisang (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi Pisang (Foto: ilustrasi)

Jangan simpan buah pisang dalam kulkas, karena apabila buah pisang dimasukan ke dalam kulkas maka hanya dalam beberapa jam saja pisang bisa berubah jadi cokelat / hitam di dalam kulkas. Jika terlalu lama akan cepat busuk. Simpanlah pisang di suhu ruangan.

6. Semangka

Ilustrasi buah semangka (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi buah semangka (Foto: ilustrasi)

Buah semangka termasuk dalam buah yang tidak dianjurkan masuk ke dalam kulkas. Karena di dalam semangka ini terdapat kandungan lycopene dan juga asam amino arginin yang nantinya akan rusak jika dalam suasana dingin lebih lama. Sehingga manfaatnya yang berguna untuk mencegah sel kanker dan menurunkan berat badan ini akan hilang.

  1. Buah Mangga
Ilustrasi buah mangga (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi buah mangga (Foto: ilustrasi)

Buah  mangga ini  memiliki banyak kandungan seratnya sehingga akan mudah busuk jika dimasukkan ke dalam lemari es. Hal inilah yang menyebabkan buah mangga ini tidak dianjurkan di masukan dalam kulkas. Selain itu juga rasa asam alami yang ada di dalam mangga ini akan hilang atau berkurang jika dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.

  1. Bawang
Ilustrasi bawang merah dan putih (Foto: ilustrasi)
Ilustrasi bawang merah dan putih (Foto: ilustrasi)

Jangan menyimpan bawang di dalam kulkas, karena jika diletakkan di dalam kulkas, maka bawang akan menyerap kelembapan kulkas sehingga menjadi lembek dan lebih mudah berjamur. Selain itu, akan mulai muncul akar atau bakal umbi pada bawang yang disimpan di dalam kulkas.

Comments

comments