Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Buah Naga atau dikenal dengan nama latin Hylocereus undatus ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Cara mengkonsumsi pun cukup mudah, Anda bisa membelah menjadi dua bagian, lalu keruk isinya dan makanlah.

Buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus ini merupakan tanaman asli Amerika Tengah. Buah naga merupakan buah rendah kalori, namun menawarkan banyak sekali nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Baca Juga:

Wuih, Olahraga Teratur Bisa Bikin Mr. P Lebih Joss

Selain Sehat, Olahraga Bikin Otak Lebih Tajam

Ngeri, Kurang Tidur Bisa Cepat Tua dan Penurunan Daya Pikir

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (8/11/2018), buah naga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini aman untuk dikonsumsi oleh siapapun, bahkan ibu hamil sekalipun.

Berikut manfaat buah naga jika dikonsumsi secara rutin,

1. Membantu mengurangi berat badan
Buah naga merupakan makanan kaya akan serat serta rendah kalori. Buah ini akan membuat perut terasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan. Selain itu, buah ini juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air.

2. Camilan sehat bagi yang sedang berdiet
Bagi Anda yang sedang berdiet baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk menjaga berat badan ideal Anda, maka tidak salah jika Anda memanfaatkan manfaat buah naga untuk diet.

3. Membantu proses detoksifikasi
Sebagai sumber antioksidan, buah naga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh)akan berjalan lancar.

4. Mampu mencegah kanker
Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh.

5. Mampu mencegah diabetes
Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus, karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya rendah.

6. Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung
Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung, karena biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh merupakan efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat.

8. Menunda penuaan dini
Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah naga ini dipercaya berguna bagi kecantikan adalah dengan memperlambat penuaan diri. Hal ini dikarenakan antioksidan yang akan membuat kulit tetap kencang dan beregenerasi dengan baik.