Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Buah Pala memang dikenal sebagai bumbu dan penyedap masakan. Kebanyakan jenis rempah-rempah yang ada di Indonesia ini hanya dimanfaatkan biji buahnya saja. Sementara daging buahnya sering diabaikan.

Sejatinya buah pala memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam daging. Karena itu, kini buah pala banyak diolah menjadi minuman kesehatan dan berbagai macam produk lainnya. Berikut ini berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari buah pala.

1. Menghilangkan Insomnia
Insomnia tidak hanya penyakit susah tidur, namun insomnia juga dikaitkan dengan tidur yang tidak berkualitas. Senyawa kimia yang ada dalam buah pala diyakini bisa menghilangkan insomnia. Caranya adalah sebelum tidur bisa mengkonsumsi air rebusan pala.

2. Meredakan Asam Lambung
Asam lambung sering ditandai dengan rasa perih dan juga mual yang ada di dalam perut. Buah pala yang mengandung zat saponin bermanfaat untuk meredakan dan menurunkan asam lambung di dalam tubuh.

3. Mencegah Leukimia
Penelitian menyebut senyawa kimia berupa metanol di dalam buah pala bisa mencegah kanker darah atau leukimia. Mengkonsumsi ekstra buah pala bisa mencegah hadirnya sel leukimia dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

Baca Juga:

7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Sering Peluk dan Cium Buah Hati Banyak Manfaatnya Lho..

8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Melancarkan Pencernaan
Enzim lipase adalah enzim yang ada di bagian mulut dan lidah. Dengan bantuan enzim lipase, makanan yang dicerna akan lebih mudah. Tidak heran jika konsumsi minuman pala sebelum makan besar bisa melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

5. Mencegah Anemia
Manfaat zat besi yang ada dalam buah pala bisa meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah. Di dalam tubuh sehingga bisa mencegah gejala anemia pada seseorang.

6. Mengobati Diabetes
Penemuan terbaru menemukan fakta bahwa senyawa kimia pada manfaat buah pala bernama macelignan untuk pembuatan obat anti diabetes. Senyawa kimia itu bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh dan mencegah komplikasi.

7. Menghilangkan Masuk Angin
Masuk angin bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi minuman kesehatan dari buah pala. Sama hanya dengan manfaat jahe, pala bisa menghangatkan badan dan perut kembung. Hal itu dikarenakan minyak atsiri yang ada dalam buah pala dan jahe sama.

8. Detok
Detok adalah proses pengeluaran toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Racun banyak mengendap di berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati dan usus. Toksin itu akan dikeluarkan melalui keringat, feses maupun urin.