Kodam XVI Pattimura Layani Konsultasi Psikologi Bagi 139 Pemuda

@Rayapos | Ambon: Bagi pemuda-pemudi yang berminat mengabdikan diri menjadi prajurit, Kodam XVI/Pattimura memberikan kesempatan untuk mengikuti konsultasi psikologi yang diselenggarakan Dinas Psikologi Angkatan Darat (Dispsiad) .

Hal ini disampaikan koordinator lapangan kegiatan tersebut sekaligus Pabandya Binpers Kodam XVI/Pattimura, Letkol Caj Erik N, kepada wartawan, di Ambon, Kamis (26/1). ”Kegiatan konsultasi psikologi ini akan berlangsung selama empat hari di Markas Komando Bela Negara Rindam XVI/Pattimura, dibuka kemarin,” ujarnya.

Menurutnya, peserta yang mengikuti konsultasi psikologi itu berjumlah 139 orang, terbagi dalam kelompok yang berminat mendaftar Calon Taruna sebanyak 10 orang, Pa PK sarjana satu orang, Calon Bintara 30 orang, dan Calon Tamtama 98 orang.

Dijelaskannya, para peserta itu bukan saja berasal dari keluarga besar TNI semata, tetapi juga pemuda-pemudi dari masyarakat umum, bahkan ada yang berasal dari luar Pulau Ambon. Peserta yang berasal dari luar Pulau Ambon disiapkan penginapan dan akomodasi di barak Mako Bela Negara Rindam XVI/Pattimura. Biaya konsultasi relatif murah dan merupakan biaya pengadaan alat tulis dan fotocopy materi soal-soal.

Program konsultasi psikologi bagi calon prajurit itu, jelasnya, ternyata baru pertama kali dilaksanakan dan merupakan upaya Kodam XVI/Pattimura menyiapkan bekal para pemuda-pemudi untuk lebih siap dalam mengikuti seleksi masuk prajurit TNI, khususnya materi tes psikologi.

Tim Konsultan dari Dispsiad, tegasnya, diketuai oleh Kolonel (K) Caj Rokhmi, serta beranggotakan 4 orang anggota. Dikarenakan  pesertanya cukup banyak, ternagnya, maka kegiatan dibagi menjadi beberapa kelas. Materi awal konsultasi berupa pengambilan data peserta secara tertulis, dilanjutkan dengan wawancara secara mendalam untuk diketahui hasilnya.

Ditambahkannya, bago peserta yang hasilnya kurang baik akan diarahkan dan dilatih untuk memperbaikinya dengan berbagai cara dan metode. ”Kami berharap kegiatan ini dapat membantu pemuda dan pemudi Maluku dalam meraih cita-cita menjadi prajurit TNI,” pungkasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY