Datsun Siapkan Strategi Naikan Penjualan

rayapos.com - Datsun
Datsun memastikan akan hadir dengan varian transmisi otomatis (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Bandung: Kemunculan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra diakui pihak Datsun telah mengetatkan persaingan di segmen low cost green car (LCGC), sehingga penjualan Datsun menurun.

Kendati begitu, mobil pabrikan Nissan ini pun mulai menyiapkan berbagai langkah dan strategi untuk dapat menahan himpitan dari para kompetitornya tersebut.

“Memang penjualan kami turun. Selain karena kompetisi, persaingan, rekan kami Nissan Finance mengalami sedikit isu, sehingga kami kehilangan partner untuk leasing,” ungkap Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja di Bandung, Jawa Barat.

Ia menambahka, kini pihaknya juga telah memiliki partner-partner baru seperti Oto Finance, Mandiri Tunas Finance.

Indri menuturkan, penjualan Datsun sepanjang 2016 mencapai sekitar 26 ribu dengan pangsa pasar 12 persen di segmen LCGC. Adapun transaksi jual-beli pada 2015, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ialah 29.358 unit.

Lebih lanjut, Indri memaparkan strategi mereka dalam persaingan pasar adalah dengan meluncurkan varian transmisi otomatis untuk Go Panca dan Go+ Panca yang memang dijadwalkan mengaspal pada 2017.

Di samping itu, juga meluncurkan model ketiga mereka yang didasari dari sport utility vehicle (SUV) Go-cross Concept. Selain itu, Datsun juga bakal rutin merilis edisi-edisi spesial yang dijual terbatas.

Ada pula kegiatan-kegiatan pemasaran, penambahan diler dari yang jumlah saat ini yang mencapai 112 outlet, penyempurnaan program purnajual yang membuat cost of ownership Datsun kompetitif, hingga meningkatkan brand awareness.

Nissan Finance pun bakal kembali bisa menyokong program uang muka murah Datsun mulai pertengahan tahun. Target untuk tahun kalender 2017 sendiri belum bisa diumumkan.

“Tahun ini sih harapannya ada peningkatan, karena kami punya varian baru dan model ketiga,” pungkas Indri.

Comments

comments