Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

@Rayapos | Jakarta – Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah Pemprov DKI bakal menyediakan jalan khusus becak. Anies mengungkapkan, keberadaan becak di jalan itu, salah satunya untuk membantu para ibu-ibu yang berbelanja ke pasar.

“Nggak ada (jalan khusus becak) dimana itu,? nggak ada dimana. Imajinasi itu imajinasi,” ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (9/10/18).

Baca juga:

Bule Cantik Diperkosa Tukang Laundry di Bali, Pelakunya Ditembak

Korban Meninggal Dunia di Sulteng Capai 2.010, Begini Rinciannya

Dia menjelaskan jika yang disiapkan nantinya adalah wilayah khusus, bukan jalur khusus untuk becak.

“Jadi bukan jalur khusus tapi wilayahnya aja. Ibu-ibu belanja kesulitan bawa belanjaannya kedalam ya itu pakai becak itu realita,” ucapnya

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menjelaskan, dirinya berkomitmen akan memberikan perlindungan kepada para pengguna becak. Karena, kesejahteraan mereka patut menjadi perhatian.

Dari sini Anies hendak mengatur kepastian hukum keberadaan becak sebagai perlindungan agar pengemudi becak bisa Hidup dengan layak di kota Jakarta.

Oleh sebab itu, Anies pun meminta publik untuk tidak membayangkan para pengguna becak ini akan berkeliaran di jalanan Ibu Kota.

“Jangan dibayangkan mereka akan berkeliaran dimana-mana,” pungkasnya.

Dikabarkan sebelumnya, demi melegalkan keberadaan becak, Pemprov DKI Jakarta telah mengirimkan revisi perda nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum ke DPRD DKI Jakarta.

Kajian pengaturan operasional becak juga telah disisipkan dalam revisi perda ini.

“Iya sudah masuk ke dewan,” kata Kepala Biro Hukum Yayan Yuhanah saat dihubungi, Selasa (9/10/2018).

BAGIKAN