Inés Zorreguieta (Foto: Patrick van Katwijk/Getty)

@Rayapos | Jakarta – Inés Zorreguieta (33), adik Ratu Belanda Máxima, ditemukan meninggal dunia di apartemennya di Buenos Aires, Argentina. Inés yang merupakan putri bungsu dari mantan menteri Pertanian Argentina, Jorge Horacio Zorreguieta itu diduga bunuh diri.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (8/6/2018), Inés Zorreguieta yang gemar bermain musik itu, oleh media Argentina dan Belanda disebut-sebut mengalami depresi hingga nekat mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Namun tidak dijelaskan kejadiannya.

Hal itu juga dibenarkan oleh juru bicara pemerintah Belanda yang mengatakan kepada NOS TV Belanda bahwa kematian Zorreguieta disebabkan karena bunuh diri.

Mendengar kabar kematian adik tercintanya itu, Ratu Máxima, seperti dikatakan oleh pihak Kerajaan Belanda, “sangat terkejut dan sangat sedih”.

Dia pun membatalkan kunjungan kerja ke Estonia, Latvia, dan Lithuania pada pekan depan yang sedianya untuk mendampingi suaminya. Namun kunjungan itu tetap dilakukan oleh Raja Willem sendiri.

Inés Zorreguieta dan kakaknya Ratu Máxima dari Belanda (Foto: Patrick van Katwijk/Getty Images)
Inés Zorreguieta dan kakaknya Ratu Máxima dari Belanda (Foto: Patrick van Katwijk/Getty Images)

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte mengatakan, kabar meninggalnya adik Ratu Máxima itu sangat memilukan.

“Kematian mendadak saudara perempuan Ratu Máxima sangat mengejutkan. Ini adalah berita yang sangat sedih dan memilukan yang hampir tidak dapat dipahami oleh banyak orang.

“Dengan hati dan segenap perasaan, kami menyampaikan duka yang amat mendalam dan selalu mendoakan ratu dan keluarganya. Saya berharap semoga mereka semua mendapat kekuatan atas peristiwa yang menyedihkan ini. Dan saya percaya bahwa mereka akan mendapatkan kedamaian dan tempat yabg terbaik.” kata Mark Rutte.

Zorreguieta adalah seorang psikolog yang bekerja di bagian kebijakan sosial di kantor presiden Argentina, Mauricio Macri. Dia juga bekerja untuk kementerian pembangunan sosial di provinsi Buenos Aires dan di kantor PBB di Panama.

Ayahnya, Jorge Horacio Zorreguieta, yang melayani sebagai menteri pertanian selama diktator militer brutal Argentina, meninggal tahun lalu di Buenos Aires, berusia 89 tahun.

Masa lalunya menyebabkan beberapa kontroversi di Belanda, dan mendorong perdebatan di parlemen Belanda sebelum putrinya, Máxima, menikah dengan putra mahkota Kerajaan Belanda, Willem Alexander.