rayapos - MA
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (AFP PHOTO / BAY ISMOYO)

@Rayapos | Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sudah diperbolehkan mengajukan bebas bersyarat pada Agustus mendatang. Hal itu dikatakan Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami.

“Sudah, (Ahok sudah penuhi syarat pembebasan bersyarat). Yang pasti (syarat pembebasan bersyarat) ada masa pidana dan lain-lain,” ujar Sri di Lapas Cipinang, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Menurut Sri, Ahok telah memenuhi ketentuan bebas bersyarat, yaitu telah menjalani pidana sekurang-kurangnya dua pertiga masa pidana.

Diketahui sejak divonis dan dijebloskan ke penjara pada 9 Mei 2017, masa pidana Ahok sebenarnya telah melewati 13 bulan lebih.

Baca juga:

SBY Bersama Ibas Balas Datang ke Rumah Prabowo.

Anies: Pelican Crossing Bunderan HI untuk Hormati Pejalan Kaki

Kapitra dengan GNPFU Berebut Merek 212

PKS: Umat Islam akan Cetak Sejarah Kedua, Setelah Pilkada DKI

Meski demikian, Sri mengatakan hingga saat ini Ahok belum mengajukan pembebasan bersyarat yang sebenarnya bisa ia dapatkan pada Agustus nanti. “Kami sampai sekarang belum terima usulannya. Kalau sudah ada usulan (dari Lapas Cipinang 1) kita proses,” ucapnya.

 

Diketahui pula, Ahok ingin menjalani hukumannya sampai tuntas dan menolak pembebasan bersyaratnya.

Kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, membenarkannya. Nana menegaskan, Ahok dan keluarga betul-betul menolak status bebas bersyarat itu.

“Iya, benar bersyarat, namanya bersyarat, keluar 4 jam terus masuk lagi (asimilasi, pembinaan). Apapun itu istilah hukumnya, itu saya kurang tahu, tapi Pak Ahok enggak mau ambil. Enggak mau, karena enggak ada gunanya bagi dia,” ujar Nana saat dikonfirmasi, Rabu (11/7/2018) lalu.

Kejutan 16 Agustus

Belakangan, akun Instagram resmi Basuki Tjahaja Purnama @basukibtp membuat penasaran Nitizen. Beberapa kali akun itu mem-posting soal kejutan yang akan terjadi pada 16 Agustus 2018. Ada apa dengan tanggal 16 Agustus?

“Rahasia, tunggu aja,” jawab adik Ahok, Fifi Lety, ketika dimintai konfirmasi, Kamis (26/7/2018).

Posting-an yang diberi tag ‘misteri 16 Agustus 2018’ itu diunggah oleh tim BTP sejak 12 Juli lalu. Dalam postingan itu, admin menanyakan kepada nitizen kejutan apa yang akan terjadi.

“Kira-kira apa yang akan terjadi dengan @basukibtp di bulan Agustus nanti? Cek terus akun sosial medianya untuk hint ‘kejutan’ dari BTP! Menurut kalian, ‘kejutan’ apa sih yang akan terjadi? Post jawaban kalian di kolom komentar ya,” tulis akun @basukibtp kala itu.

BAGIKAN