Ahok Siapkan 20 Ribu Unit Rusun Agar Normalisasi Ciliwung Cepat Direalisasikan

@Rayapos | Jakarta: Saat ini, dari target 19 kilometer proyek normalisasi Kali Ciliwung, baru 9 kilometer diantaranya sudah dikerjakan.

Proyek ini ditangani oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, sedangkan Pemprov DKI Jakarta bertugas untuk membebaskan lahan yang akan dilewati oleh pekerjaan normalisasi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, Pemprov DKI menargetkan pembangunan rumah susun tahun ini mencapai 20 ribu unit, untuk menampung warga yang akan digusur untuk proyek normalisasi.

“Saya targetkan tahun ini bangun 20 ribu. Paling telat Oktober (selesai), siap masuk tahun depan. Tahun depan saya bangun 50 ribu, berarti 2018 sudah siap masuk,” ucap Ahok, Rabu (18/5).

Ahok menambahkan, agar normalisasi bisa cepat direalisasikan, dari puluhan ribu unit rumah susun tersebut, Pemprov DKI akan memprioritaskan untuk warga di bantaran kali tersebut.

“Semua normalisasi, kita utamakan pindahkan orang di pinggir sungai, kita ada kontrak-kontraknya,” tambah Ahok.

Saat ini proyek normalisasi berupa pengerukan sungai untuk menambah daya tampung air belum bisa dilakukan. Pasalnya, jika dilakukan pengerukan, permukiman di pinggir sungai akan roboh. Sedangkan jika hendak digusur, unit rusun untuk relokasi belum siap seluruhnya.

“Kenapa kami tidak berani mengeruk kali Ciliwung padahal alat berat banyak, truk banyak. Kalau kami keruk rumah-rumah yang di reklamasi secara liar akan roboh. Jadi masalah kami hanyalah rumah susun. Saya udah bilang sama bu Ika (Ika Lestari Aji, Kadis Perumahan dan Gedung DKI), tahun depan harus bangun 50 ribu rumah susun,” pungkasnya. [Arfa Gandhi]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY