@Rayapos | Jakarta – Ada jalan biasa, Ahok pilih jalan berliku. Itulah analogi rumor bahwa Ahok menolak bebas bersyarat yang bisa membebaskannya bulan depan. Sikap ini dipuji Direktur LP3ES, Rustam Ibrahim.

Menurut Rustam, keputusan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) yang menolak bebas bersyarat, sungguh bijaksana.

Akun Twitter @RustamIbrahim ditulis Senin (30/7/2018) Rustam menilai bahwa keputusan Ahok menolak bebas bersyarat adalah sikap bijaksana. Menurutnya, Ahok tidak ingin menambah keriuhan politik jelang Pilpres 2019.

“Sikap Ahok yang menolak bebas bersyarat bulan Agustus ini sangat bijaksana. Tampaknya dia tidak ingin menambah KERIUHAN politik menjelang Pilpres, yang segera mulai. Kalau Ahok keluar nanti April 2019, dia menunaikan “hukuman”-nya 100% tanpa menawar-nawar,” tulisnya.

Ahok dicintai banyak orang. Ini videonya saat dia Gubernur DKI Jakarta:

Diketahui, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang Andika D Prasetya memastikan pembebasan bersyarat bagi Ahok bisa diajukan bulan Agustus.

“Jadi posisinya Pak Ahok itu benar bahwa bulan Agustus jatuh tempo dua pertiga, itu artinya Agustus itu beliau sudah bisa mendapat pembebasan bersyarat apabila persyaratan administratif terpenuhi,” ujar Andika yang dilansir dari Kompas.com, Rabu (11/7/2018).

Tepatnya, Ahok bisa mendapatkan pembebasan bersyarat pada 19 Agustus 2018. Andika mengatakan, pembebasan bersyarat merupakan hak setiap narapidana.

Untuk mendapatkannya, narapidana harus mengikuti tahapan terlebih dahulu. Prosesnya dilaporkan ke Direktorat Jenderal Permasyarakatan.

Namun, narapidana juga bisa tidak mengajukan pembebadan bersyarat itu. Misalnya, narapidana itu menginginkan bebas murni. Dan, Ahok ingin bebas murni.

Baca Juga:

Ingat, Mulai 1 Agustus Pelanggar Ganjil-Genap Asian Games Mulai Ditilang

Timnas Ju-Jitsu Raih 10 Medali di Kejuaran Dunia

Eks Napi Koruptor Dipaksakan Jadi Caleg

Adik Ahok, Fifi Lety Indra Purnama membeberkan keputusan sang kakak soal menolak bebas bersyarat. Itu diunggah di Instagram @fifiletytjahajapurnama diunggah Rabu (11/7/2018).

Fifi, mengungkapkan jika sang kakak tidak memilih bebas bersyarat. Ahok memilih untuk bebas murni.

“Hari ini ramai wa dan tlp semua tanya hal Yg sama, apa betul sebenarnya Pak Ahok bisa bebas bersyarat bulan Agustus?

Jawabnya Iya benar tetapi beliau @basukibtp putuskan utk tdk ambil. Biar tunggu sampai bebas murni saja.

Soal hitungan bebas murni Nanti lah awal Agustus uda dapat kepastian hitungannya, karena tergantung dapat remisi berapa bulan baru lah saya post lagi ya Di sini. Silakan di tunggu aja dan Yg mau kutip silakan saja.

Oh ya bagi Yg ngotot uda hitung2 ya Aku pikir Daripada berandai2 kita tunggu aja hitungan Yg pasti di agustus.

Trims ya Atas semua perhatian dan doanya. Gbu all#ahokers #ahokbebas #basukibtp,” tulisnya. (*)

BAGIKAN