Jordan Clarkson

@Rayapos | Jakarta – Setelah sempat diberitakan tidak mendapat ijin dari NBA, Jordan Clarkson akhirnya bisa mewujudkan impiannya memperkuat tim basket Filipina di Asian Games 2018.

Kepastian Clarkson akan membela tim basket Filipina di Asian Games 2018 disampaikan Presiden Asosiasi Bola Basket Filipina (SBP) Al Panlilio. Pihak NBA dan Cleveland Cavaliers memberi lampu hijau untuk Clarkson tampil di pesta olahraga negara-negara Asia ini.

Panlilio sendiri mendapat kabar diizinkannya Clarkson dari COO dan Wakil Komisaris NBA Mark Tatum melalui sambungan telepon.

“Pihak NBA memberikan satu kali pengecualian untuk Asian Games bagi Jordan Clarkson dan dua pemain dari Cina,” ungkap Al Panlilio sebagaimana dilansir laman ESPN, Rabu (15/8/2018).

Baca Juga:

Gagal Tampil di Asian Games, Pemain NBA Ini Curhat di Medsos

Hadapi Palestina, Timnas Indonesia Miliki Strategi Khusus

Sebelumnya, Tim Frank selaku Juru Bicara NBA mengatakan bahwa kesepakatan NBA dan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) menetapkan bahwa para pemain di NBA hanya bisa berpartisipasi pada Olimpiade, Piala Dunia FIBA, dan kompetisi Piala Kontinental.

“Kesepakatan NBA dengan FIBA adalah mengizinkan para pemain NBA berpartisipasi di Olimpiade, kejuaraan dunia FIBA, kejuaraan kontinental, dan kualifikasi turnamen di setiap asosiasi,” tutur Frank.

Lebih lanjut Frank menjelaskan, Asian Games tidak termasuk agenda yang diperbolehkan untuk pemain NBA membela negaranya. Kebijakan ini juga ‘diamini’ FIBA.

“Asian Games bukan salah satu dari kompetisi itu, maka pemain NBA tidak bisa berpartisipasi. Berdasarkan kesepakatan NBA dengan FIBA, Jordan baru diperbolehkan membela Filipina di kompetisi yang sudah disepakati,” tukas Frank

Clarkson sendiri dijadwalkan tiba di Jakarta Kamis (16/8/2018) besok sekitar pukul 10.00 pagi WIB. Ia dipastikan absen saat Filipina menghadapi Kazakhstan dalam laga perdana Grup D Basket Putra Asian Games 2018.

Selain memperkuat tim basketnya, Komite Olimpiade Filipina (POC) juga telah menunjuk Jordan Clarkson sebagai pembawa bendera Filipina pada upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (18/8/2018) mendatang.