Ratu Elizabeth II

@Rayapos | Jakarta – 21 tahun telah berlalu sejak kecelakaan mobil yang merenggut nyawa Putri Diana di Paris. Tiap tahunnya, banyak berita baru yang muncul terkait peristiwa tragis itu.

Seperti saat kejadian, dimana berita mengenai kepulangan sang putri pada Agustus 1997 silam itu mulai menyebar.

Kala itu, Ratu Elizabeth II mendapat kritikan tajam terkait caranya menangani situasi tersebut. Banyak yang mengatakan ia gagal menangkap suasana hati bangsanya yang berduka serta menyalahkannya karena pergi menyendiri pada hari-hari setelah kematian menantunya itu.

Puti Diana, Pangeran Charles bersama kedua putra mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry
Puti Diana, Pangeran Charles bersama kedua putra mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry

Bagaimana tidak, Ratu Elizabeth II memilih untuk membawa kedua putra Diana, Pangeran William (15) dan Pangeran Harry (12) -pada saat itu- ke gereja di Balmoral, Skotlandia, setelah Pangeran Charles memberitahukan kabar duka mengenai Diana kepada kedua putranya.

Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II dan Putri Diana
Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II dan Putri Diana

Ratu Elizabeth II juga mendapat kritikan karena dinilai memilih tinggal di kediamannya di Skotlandia terlalu lama dan tak muncul di tibut untuk Diana yang dibuat oleh para penggemar dan rakyat Inggris di depan Buckingham Palace.

Baca juga: Elton John Kenang Putri Diana Jelang Pernikahan Pangeran Harry

Namun, menurut sepupu pertama Ratu yang juga menjadi teman dekatnya, Margaret Rhodes, pilihan itu dilakukan oleh Elizabeth II demi mencurahkan perhatiannya untuk kesejahteraan cucunya, William dan Harry.

Dalam wawancara dengan CNN pada tahun 2012, Margaret datang ke pertahanan ratu, mengatakan, “Dia dikritik dengan sangat keras, karena bertahan di Balmoral dengan dua bocah kecil. Dia menjadi nenek yang baik. Apa gunanya membawa dua anak laki-laki di London tanpa melakukan apa-apa selain duduk di sana selain merasakan kesedihan tentang ibu mereka. Secara pribadi, saya pikir saya akan berperilaku dengan cara yang persis sama.”

Ratu Elizabeth II baru kembali ke kerajaan setelah diintervensi oleh Perdana Menteri Tony Blair. Ia pun menyaksikan langsung kesedihan yang dicurahkan publik terkait kejadian itu.

“Pada akhirnya dia berhasil datang dan melihat semua bunga,” kata Margaret.

Lima hari setelah kematian Diana, Elizabeth II menyampaikan pidato langsung kepada Inggris dari salah satu ruangan di Buckingham Palace. Dia memberi penghormatan kepada Diana, menyebutnya “seorang manusia yang luar biasa dan berbakat,” dan menjelaskan alasannya berada di Balmoral.

“Minggu ini di Balmoral, kita semua telah mencoba untuk membantu William dan Harry untuk menerima kabar menghancurkan serta kehilangan yang mereka dan kami semua derita,” kata Elizabeth II dalam video.

“Semoga mereka yang meninggal beristirahat dalam damai dan semoga kita, masing-masing dan setiap dari kita, berterima kasih kepada Tuhan karena pernah mengirimkan seseorang yang membuat banyak seklai orang bahagia,” tutur Ratu Elizabeth II.