Alokasi Dana Desa Mukomuko Meningkat

@Rayapos | Mukomuko: Alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD 2017 Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan sebesar Rp33 miliar dari sebelumnya Rp21 miliar menjadi Rp54 miliar.

“ADD tahun ini meningkat sebesar Rp54 miliar karena sebesar 10 persen dana alokasi umum (DAU) tahun 2017 untuk ADD,” kata Kabid Pemerintah Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah setempat mengalokasikan 10 persen DAU untuk ADD sesuai dengan aturan dari pemerintah sehingga ADD sebesar Rp54 miliar dibagikan kepada 148 desa.

Ia memastikan Badan Keuangan Daerah telah memenuhi ketentuan untuk penambahan ADD tahun 2017.

Dengan ADD sebesar itu, maka setiap desa mendapatkan pembagian dana rata-rata sebesar Rp300-Rp400 juta, atau meningkat dari sebelumnya sebesar Rp150 juta perdesa.

Sementara itu, Dana Desa yang bersumber dari APBN untuk 148 desa di daerah itu sebesar Rp155 miliar.

Jika digabungkan Dana Desa yang berasal dari APBD dan APBN maka total keseluruhan dana yang diterima setiap desa di daerah itu lebih dari Rp1 miliar.

Selanjutnya, ia mengatakan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa telah mengajukan draf rancangan peraturan bupati yang mengatur pencairan sekaligus pembagian dana untuk setiap desa. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY