Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Salah satu media perjalanan wisata terbesar di dunia, Lonely Planet mencantumkan Indonesia sebagai 10 besar negara tujuan wisata terbaik 2019.

Indonesia yang berada di urutan ketujuh, menurut mereka, memiliki keragaman budaya dan tradisi masyarakat yang kuat. Hal ini menjadi satu di antara daya tarik calon wisatawan untuk berkunjung ke Nusantara.

Lonely Planet menyebut Indonesia yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau ini mempunyai keragaman budaya, kuliner, dan agama di setiap wilayahnya. Dengan begitu, mereka menilai bahwa disini menawarkan kaleidoskop pengalaman.

“Indonesia memiliki keragaman, mulai dari resor baru yang menawarkan interaksi dengan orang utan di Sumatera hingga tradisi suku di Papua,” demikian pernyataan Lonely Planet, sebagaimana dilansir laman resminya, Senin (29/10/2018).

Meski baru saja mengalami berbagai bencana alam di sejumlah daerah, Lonely Planet mengungkapkan bahwa wilayah lainnya di Indonesia masih tetap aman dikunjungi.

“Beberapa gempa bumi baru-baru ini menerjang beberapa bagian Indonesia yang terletak di Cincin Api Pasifik. Respons atas bencana alam ini masih berlangsung, tetapi banyak bagian negara itu yang tetap aman untuk para pengunjung,” tulis Lonely Planet.

Baca Juga:

Wow.. Patung GWK Bali Tertinggi Kedua di Dunia

Suramadu Digratiskan Presiden Jokowi: Negara Tidak Rugi

Weits, Depok Punya Tempat Wisata Kuliner Kekinian

Menanggapi rilis terbaru Lonely Planet ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai rekomendasi tersebut sangat penting. Sebab, lanjut dia, hasil kajian ini bisa turut membantu Indonesia mencapai target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2019.

Selain itu, kata Menpar, penilaian positif ini juga bisa memengaruhi faktor confidence, credibility, dan calibration(3C). Dari sisi confidence, penghargaan tersebut bisa menaikkan tingkat kepercayaan masyarakat.

“Credibility, jika dikomunikasikan dengan baik, apa yang kita peroleh dapat menjadi cara marketing yang paling efektif untuk imej,” jelas Arief Yahya.

Untuk diketahui, dalam daftar ini posisi puncak ditempati Sri Lanka, Jerman di peringkat kedua, serta berturut-turut menempati posisi dibawahnya adalah Zimbabwe, Panama, Kirgistan, Yordania, Belarusia, Sao Tome, Principe, serta terakhir Belize.

Lonely Planet adalah buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia. Perusahaan ini dimiliki oleh BBC Worldwide. Mereka membeli semua saham dari pendirinya, Maureen dan Tony Wheeler pada 2007 dan Februari 2011.