Angin Ribut Robohkan Tiga Bangunan di Pamekasan

cuaca -ekstrim
Ilustrasi cuaca ekstrim (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos | Pamekasan: Hujan deras disertai angin kencang merobohkan tiga bangunan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Senin dini hari.

“Kejadiannya tadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari di Dusun Toroy, Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean,” kata Kepala Desa Dempo Barat, Pamekasan Djoko Pranoto, Senin siang.

Lokasi kejadian, sekitar 45 kilometer kearah utara Pamekasan dan musibah itu telah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan melalui Camat Pasean.

Menurut Djoko, tiga bangunan yang roboh akibat angin kencang itu semuanya dapur, milik warga bernama Nurul Mukarromah (23).

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

“Dapurnya memang terbuat dari gedek, tapi sebenarnya masih kokoh. Karena anginnya terlalu kencang, maka dapur itu akhirnya ambruk juga,” terang Djoko.

Ia menjelaskan, hingga kini warga sekitar masih bekerja bhakti membatu membersihkan puing-puing bangunan yang roboh dan berserakan, karena angin kencang itu.

Selain warga, sejumlah petugas dari kepolisian dan TNI juga ikut membantu membersihkan reruntuhan tiga unit dapur milik keluarga Nurul Mukarromah itu.

“Kami memang telah meminta Babinsa dari Koramil Pasean untuk terjun ke lapangan membantu korban angin kencang yang terjadi tadi pagi itu,” kata Pasi Intel Kodim 0826 Pamekasan Kapten Darminto.

Bencana alam berupa angin kencang yang terjadi di Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean ini merupakan kali kedua, dalam dua bulan terakhir ini.

Pada akhir Desember 2016, angin kencang juga melanda 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan dan menyebabkan sejumlah rumah warga rusak, dan puluhan pohon tumbang. [ant]

Comments

comments