Angka Kelahiran Anak di Riau Masih 2,9

rayapos.com - membatu
Angka kelahiran. (Foto: nationalgeographic.co.id)

@Rayapos | Pekanbaru: BKKBN menyebutkan angka kelahiran total di Provinsi Riau masih 2,9, atau tergolong tinggi dibandingkan 2,6 angka rata-rata nasional.

“Artinya, rata-rata ibu di Riau melahirkan anak 2 hingga 3 anak, antara lain disebabkan oleh Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) KB masih rendah,” kata Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Yenrizal Makmur, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, rendahnya pencapaian KIE akibat keluarga sasaran jauh dari fasilitas kesehatan, atau pelaksanaan program KIE belum optimal di daerah terpencil.

Selain itu, katanya masih tingginya angka kelahiran total dipicu laju pertumbuhan penduduk Riau yang masih tinggi karena faktor migrasi ke daerah ini.

“Riau merupakan daerah yang menarik bagi warga asal provinsi lain untuk mencari nafkah apalagi daerah ini dikenal dengan daerah kaya minyak,” katanya.

Di samping itu, pemicu tingginya angka total kelahiran di Riau juga akibat usia perkawinan berkisar 15-49, serta peserta KB aktif yang menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) masih rendah.

BKKBN Riau masih terkendala tingginya angka putus pemakaian kontrasepsi berpeluang ibu bisa hamil kembali, belum optimalnya pemanfaatan tenaga provider (pelayanan KB) bidan dan dokter yang sudah dilatih. Selain itu partisipasi pria ber-KB juga masih rendah.

“Untuk menekan angka kelahiran total, diperlukan pemantapan konseling KB di tingkat pelayanan statis, serta perlu meningkatkan adovakasi kepada pengembil kebijakan, agar program KB menjadi program prioritas,” katanya. [ant]

Comments

comments