Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (FOTO: Rayapos/Kemal Maulana)

@Rayapos | Jakarta – Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan Kali Item dekat Wisma Atlet di Kemayoran sudah lama tidak diperhatikan. Sehingga terus berbau busuk dan hitam pekat jadi warisan pemerintah sebelumnya. Ia mengklaim, kini Kali Item mulai diurus.

“Kali itu sudah item sejak tahun-tahun lalu. Jika yang mengelola Jakarta dulu memerhatikan ini, kita nggak punya warisan Kali Item. Ini karena dulu nggak diperhatikan, jadi kita punya warisan Kali Item. Sekarang diperhatikan,” kata Anies di Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

Anies menuturkan, Pemprov DKI di bawah kepemimpinannya menerima warisan tersebut dan akan memerhatikan kondisi Kali Item. Pemprov DKI tengah melakukan berbagai cara untuk mengubah wajah kali tersebut.

“Ketika sekarang diperhatikan, ramai pula. Sekarang saya sampaikan kepada semua, coba dulu dibereskan, kita enggak punya warisan masalah ini. Nah, sekarang kenyataannya ada itu, sekarang kita bereskan,” kata dia.

Baca juga:

Nyaleg DPR RI, Katon Bagaskara Diusung PDIP

Suhu di Jepang 41,1 Derajat Celcius, 77 Orang Tewas

Wuihh, Motor Replika Motogp Honda Dijual Rp 4 Miliar

Untuk sementara, ia memutuskan untuk menutup kali itu dengan jaring (waring) dengan harapan bisa meminimalisir bau.

“Lalu kita buat langkahnya. Satu, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi, satu, pemandangan, yang kedua adalah utamanya evaporasi, penguapan. Jadi, insyaallah nanti pada saat pelaksanaan Asian Games akan bisa minimal, aroma dari tempat itu tidak kuat lagi,” papar Anies.

Anies mengklaim upaya pembersihan Kali Item tetap dilakukan. Eks Mendikbud itu menuturkan penutupan Kali Item dengan waring hanya upaya sementara.

“Kita coba semuanya. Ini jalan terus kok. Semuanya kita coba. Cuma sambil itu dicoba, tetap pencegah penguapan dilakukan,” pungkas Anies.

BAGIKAN