FOTO: Biro Setpres

@Rayapos | Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan soal foto yang seolah-olah dipayungi Presiden Jokowi. Begini penjelasan Anies:

“Sebetulnya Pak Jokowi ada di depan, beliau membuka payung, saya ada di sisi kanan belakangnya. Tapi karena di fotonya dari depan terlihatnya seakan-akan dipayungi karena fotonya dua dimensi,” kata Anies di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Baca juga:

GP Ansor Tolak Keras Bendera HTI Disamakan dengan Bendera Tauhid

Prabowo Kumpulkan Selebgram dan Youtuber, Apa yang Dibahas?

Anies menuturkan, jika melihat gambar dari sisi kanan, maka yang tampak Jokowi berada di posisi depan. Anies menyebut Jokowi membuka payung di luar tenda, bukan di sisi samping yang seolah memayungi.

“Kalau di foto dari kanan kelihatan tuh Pak Jokowi di depan, saya di belakang. Ginilah kira-kira (memperagakan posisi), nih ini pak Jokowi, saya di sini, Pak Jokowi buka payung diangkat, saya di sebelah sini tapi ketika di foto kelihatannya seperti dipayungi,” tutur Anies.

“Dan apa ya menurut saya biasa saja, teman-teman lihat saya pegang payung kan, bukan di bawah hujan, memang saya di dalam tenda,” lanjut dia.

Saat pembagian sertifikat memang hujan deras mengguyur lokasi acara sejak dimulai hingga selesai. Bahkan, lampu yang ada di tenda tempat masyarakat berkumpul sempat mati dan air menggenang di lantai.

Hujan masih mengguyur saat Jokowi meninggalkan lokasi acara. Usai menyapa warga, ia langsung mengambil payung berwarna biru yang dibawakan oleh ajudannya.

Jokowi membuka dan memegangi sendiri payung tersebut hendak meninggalkan tenda. Nah, ketika itu, Anies bersama beberapa pejabat masih ada di belakang Jokowi.

Posisi Anies belum terkena hujan karena tepat di bawah tenda. Tampak payung yang dibawa Anies belum dibuka.