Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (FOTO: beritajakarta)

@Rayapos | Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan pembentukan organisasi dan tata kerja badan promosi daerah. Padahal dalam jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi DKI Jakarta memiliki Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang bertugas mengelola pariwisata di Jakarta.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 35 Tahun 2018 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja badan promosi daerah atau Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) yang saat ini salinan pergubnya sudah diterima Rayapos.

Pergub yang diteken Anies Baswedan pada tanggal 13 april 2018 itu menjelaskan, pembentukan BPPD bertujuan untuk meningkatkan citra kepariwisataan, meningkatkan kunjungan kerja wisatawan mancanegara dan nusantara serta mengembangkan usaha maupun bisnis pariwisata di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam pergub tersebut di jelaskan BPPD merupakan lembaga swasta yang bersifat mandiri dan berkependudukan di Ibukota DKI sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan kegiatan Promosi Pariwisata kota Jakarta.

Dalam melaksanakan tugasnya tertulis dalam pasal 2 BPPD berhak menyususun anggarannya sendiri hingga pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi BPPD. Selain itu dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya. Pemprov DKI juga dapat memfasilitasi lembaga tersebut dengan kantor sekretariat.

Meskipun begitu, Pengelolaan dana yang bersumber dari non Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara dan non Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah wajib diaudit oleh akuntan publik dan diumumkan kepada masyarakat.

Dalam menjalankan tugasnya Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) bekerja dengan berkordinasi dengan Dinas Pariwisata dan lintas sektor.

Lantas seperti apakah pendapat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan dikeluarkannya Pergub tersebut? Hingga berita ini diturunkan Tinia Budiati selaku kepala Dinas Pariwisata belum mau menjawab saat dihubungi melalui saluran telepon dan saluran whatsapp pada Jumat (18/5/2018).

BAGIKAN