KA barang yang anjlok di Jatinegara. Foto: JPNN

@Rayapos | Jakarta – Anjloknya Kereta Api (KA) di Jatinegara, Jumat (14/12/2018) mengakibatkan jalur Jatinegara-Pasar Senen lumpuh. Menutup layanan commuter line.

Penumpang menunggu berjam-jam. Makin lama makin banyak. Berdesakan lantaran membludaknya penumpang ketika operasional commuter line dibuka pada jam padat pulang kerja.

Itu terekam dalam postingan akun bernama @bybackpack, pada Jumat (14/12/2018) siang.

Dalam postingannya, akun tersebut mengunggah sebuah potret tentang perjuangan para penumpang commuter line yang hendak meninggalkan stasiun.

Terlarangnya commuter line beroperasi secara langsung, menutup akses jalan pejalan kaki.

Penumpang tidak dapat menyeberang antar peron. Akhirnya, mereka merayap di depan lokomotif. Mirip spiderman.

Tanpa mengenakan pengaman khusus, mereka mengandalkan jeruji pelindung commuter line untuk merambat menyeberangi perlintasan KA.

“Menyerah di kranji.. Ganti moda.. Eh nyebrang jg ga bs.. Akhirnyaaaa merayap lah @jalurbekasi,” tulis akun @bybackpack.

“Wow. Amazing Spiderman,” balas Ilmiawan Mahardhika lewat akun @maharwic.

Beragam keluhan hingga hujatan disampaikan masyarakat dalam akun resmi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), @CommuterLine.

Mereka kecewa karena. Commuter line yang merupakan transportasi publik andalan kembali terganggu pelayanannya.

Sebelumnya, KCI lewat akun twitternya, @CommuterLine; menginformasikan permohonan maafnya tentang gangguan pelayanan.

KCI menginformasikan terdapat dua kejadian kereta anjlok yang terjadi pada Kamis (13/12/2018) dan Jumat hari ini.

Kereta anjlok pertama adalah Kereta Api (KA) 2506 yang anjlok di jalur antara Stasiun Jatinegara pada sekira pukul 13.33 WIB.

Anjloknya kereta tersebut mengakibatkan pembatalan seluruh layanan karena jalur Jatinegara-Pasar Senen tidak dapat dilalui.

“#InfoLintas Terdapat gangguan operasional rangkaian pada KA 2506 di antara Stasiun Jatinegara, mengakibatkan jalur Jatinegara-Pasar Senen pp tidak dapat dilalui KA, saat ini masih dalam penanganan unit terkait,” tulis admin @CommuterLine.

Berselang hampir lima jam lamanya, kabar baik disampaikan pihak KCI. KA 2506 berhasil dievakusi, jalur Jatinegara-Pasar Senen yang semula ditutup pun sudah dapat dilintasi.

#InfoLintas Gangguan operasional rangkaian KA 2506 telah selesai penanganan, jalur Jatinegara-Pasar Senen pp sudah dapat dilalui KA.

Namun gangguan perjalanan kembali terjadi. Pihak KCI menginformasikan anjloknya kereta D1/11301 antara jalur Jatinegara-Pasar Senen.

Kondisi tersebut pun mengakibatkan jalur Jatinegara-Pasar Senen lumpuh dan menutup seluruh layanan KCI.

“#InfoLintas Terdapat gangguan operasional rangkaian pada KA D1/11301 antara jalur Jatinegara-Pasar Senen, mengakibatkan jalur Jatinegara-Pasar Senen tidak dapat dilalui KA, saat ini masih dalam penanganan unit terkait,” tulis admin.

Baca Juga:

Ngeri… Jantung Manusia Tertinggal, Pesawat Balik ke Bandara

Terduga Teroris Dibekuk di Yogya, Akan Kacaukan Natal dan Tahun Baru

Hingga pukul 12.00 WIB siang tadi, belum ada konfirmasi terkait lumpuhnya seluruh perjalanan kereta commuter line.

Bersamaan dengan kejadian buruk tersebut, sejumlah potret dan video imbas anloknya kereta, mulai dari gagal beroperasinya commuter line hingga penumpukan penumpang disebarkan masyarakat lewat media sosial. (*)