Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau banjir di kawasan Jati Padang, Jakarta Selatan, beberapa bulan lalu.

@Rayapos | Jakarta – Pemprov DKI Jakarta akan membangun saringan sampah besar untuk menyaring sampah yang menghambat saluran air pada musim penghujan.

Rencananya saringan ini bakal menyerupai bendungan yang dibangun tahun depan di 13 sungai Jakarta untuk menyaring limbah yang masuk ke aliran sungai.

Baca juga:

Haris Membunuh Sekeluarga Bekasi karena Dendam

Selain Segar Dikonsumsi, Mentimun Bermanfaat Bagi Kecantikan

“Kemarin sudah siapkan tahun depan kita akan bangun saringan – saringan besar semacam bendungan untuk menyaring sampah agar tidak masuk ke dalam kota,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya, Jumat (16/11/2018).

Dikatakan Anies, nantinya semua sampah yang terjararing akan segera dibersihkan oleh petugas sebelum sampah – sampah itu masuk dipintu air Manggarai Jakarta Selatan.

Untuk pembersihan itu, dia juga memastikan akan diangkut dengan cepat oleh petugas ke tempat pembungan sampah.

“Dibersihkan sebelum sampai ke Manggarai karena ketika dibiarkan itu juga merusak rumah – rumah atau lingkungan yg ada di sekitar sungai di Jakarta,” kata Anies.

Selain itu, untuk mengurangi potensi banjir, Pemprov DKI juga akan membangun sumur resapan atau drainase vertikal dengan konsep teknologi ZRO (Zero Run-Off).

Maksudnya adalah konsep perpaduan antara intensitas hujan, tampungan, resapan, manfaat atau konsumsi, dan alirkan (ITRMA) sisa air limpasan keluar kawasan hingga 0% (zero run off).

“Yang ketiga adalah tentu kita mengharap percepatan penyelesaian kolam – kolam retensi waduk di sekitar hulu sehingga aliran air ke hilir volumenya terkendali,” pungkasnya.

BAGIKAN