@Rayapos | Jakarta – Ariana Grande dan Kylie Jenner kehilangan jutaan followers di Instagram secara tiba-tiba pada pekan lalu.

Padahal Grande telah menduduki puncak bersama Selena Gomez sebagai pesohor wanita dengan followers terbanyak dunia. Keduanya memiliki lebih dari 145 juta followers di platform berbagi foto dan video itu.

Tetapi, secara tiba-tiba, Grande harus kehilangan sekitar 3 juta akun pengikut, sehingga jumlah followersnya turun menjadi 142 juta.

Sementara Kylie Jenner, yang tadinya bersaing ketat dengan Kim Kardashian di angka 126 juta followers, kehilangan sekitar 2 juta pengikut. Menjadikan profilenya memiliki 124 juta followers.

Tak hanya musisi dan CEO itu saja yang merasakan dampak tak sedap dari Instagram, beberapa selebriti dan blogger ternama juga mengalami penurunan followers secara drastis. Akun resmi istana Kensington juga kehilangan 150,000 followers, dilaporkan Hello!

Akibatnya, terjadi spekulasi di kalangan netizen yang mengatakan Instagram mungkin mencoba untuk menghapus akun palsu, spam dan boot yang dibuat hanya untuk meningkatkan followers dan tanda suka (like). Sebagaimana diketahui, terdapat banyak akun yang memperjual belikan akun palsu/spam untuk hal tersebut.

Kenyataannya, Instagram mengumumkan di Twitternya bahwa kehilangan followers yang terjadi adalah sebuah kesalahan.

“Kami menyadari masalah yang menyebabkan perubahan jumlah pengikut akun untuk beberapa orang saat ini,” tulis akun resmi Instagram.

“Kami sedang berupaya menyelesaikan ini secepat mungkin.”

Instagram juga menambahkan bahwa mereka tidak melakukan pembersihan terhadap akun palsu/boost.
Sebelumnya, sekitar sebulan yang lalu, para pengguna setia Instagram sempat dikejutkan dengan perubahan tampilan feednya yang tiba-tiba berubah. Hampir seluruh pengguna mengeluhkan ketidaknyamanan mereka dengan perubahan tersebut.
Namun kurang dari satu jam Instagram segera memperbaiki perubahan yang diakui sebagai “kesalahan” dan mengembalikan tampilan lama.
BAGIKAN