ART, Disnaker Ambon Masih Seleksi 24 TKI

@Rayapos | Ambon: Memenuhi kebutuhan tenaga kerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di Negara Malaysia, Kota Ambon sementara mempersiapkan 24 calon tenaga kerja indonesia (TKI), guna diberangkatkan ke negeri jiran tersebut.

Persiapan 24 orang TKI ini diungkapkan oleh Kepala Seksi (Kasie) Bina Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ambon, Frangky Wattimena, kepada wartawan, diAmbon, Rabu (25/1).

Menurutnya, ke-24 TKI tersebut merupakan warga asli Kota Ambon. Dan dari 24 TKI asal kota Ambon yang mengikuti seleksi, 4 orang calon TKI telah dinyatakan lulus administrasi. ”Ada 24 orang yang akan kita kirim dan mereka adalah warga asli Kota Ambon. Seluruh berkas mereka sudah dimasukkan ke Disnaker Kota Ambon. Untuk seleksi administrasi hanya baru 4 orang yang lulus,” ujarnya.

Dijelaskannya, keempat TKI yang dinyatakan lulus seleksi ini, sedianya akan diberangkatkan oleh perusahaan penyalur, PT Arny Family. Sementara untuk 20 calon TKI tersisa, masih dalam proses seleksi administrasi. Jika administrasinya tidak lagi bermasalah, jelasnya, maka mereka juga siap untuk diberangkatkan. ”Mereka juga akan diberangkatkan jika telah memenuhi seluruh persyaratan yang ada. Jika tidak memenuhi hal ini, kami akan memberikan surat rekomendasi kepada para TKI ini,” jelasnya.

Untuk melengkapi persyaratan yang diminta, tambahnya, pihaknya juga akan memberikan rekomendasi pembuatan paspor di Kantor Imigrasi, serta mengusulkan untuk pembuatan Id card ke-20 calon TKI. ”Namun untuk hal-hal lain yang menyangkut keadaan dan kondisi TKI di luar negeri bukan lagi menjadi tanggungjawab kami,” pungkasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY