PLU kode di buah-buahan impor (elitereaders)

@Rayapos | Jakarta – Pernahkah Anda memperhatikan adanya stiker kode yang tertera di buah-buahan saat belanja buah impor di supermarket? Ternyata angka-angka tersebut memiliki arti dan kegunannya,  lho.

Pada tahun 2012, International Federation for Produce Standards (IFPS) mengeluarkan Panduan Pemakaian kode Price Look Up (PLU). Banyak yang mengabaikan kode tersebut karena belum paham akan kegunaanya. Berikut arti dari angka kode pada stiker buah impor yang perlu diketahui.

Arti barkode PLU di buah-buahan (ist)
Arti barkode PLU di buah-buahan (ist)

1.Diawali dengan angka 9

Buah yang diawali dengan angka 9 merupakan buah yang paling baik karena ditanam secara alami tanpa menggunakan pestisida. Tentunya ini aman untuk dikonsumsi dan biasanya banyak dicari pecinta makanan organik.

Baca juga: Jangan Dibuang, Ini 6 Manfaat Kulit Lemon Bagi Kesehatan

2.Jumlah kode 4 digit dan diawali dengan angka 3 atau 4

Artinya buah ini ditanam dengan bantuan teknik agronomis, termaksud menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. Jadi untuk kamu yang membeli buah dengan kode ini jangan lupa untuk mencuci buahnya dengan bersih menggunakan air yang mengalir ya!

3.Kode 5 digit diawali dengan angka 8

Kode ini menunjukkan bahwa buah tersebut tidak lagi alami alias hasil dari modifikasi genetika. Buah dengan kode ini ditanam dengan cara konvensional menggunakan pupuk bukan organik. Biasanya buah pisang dan pepaya yang sering menjadi langganan rekayasa genetik.

Baca juga: Ngeri, Kurang Tidur Bisa Cepat Tua dan Penurunan Daya Pikir

4.Buah-buahan tanpa  kode

Semua produk yang diimpor harus melalui pelabelan khusus mengenai teknik produksinya sesuai dengan standar agar mudah dibedakan. Tapi bagaimana jika Anda menemukan buah impor yang tidak memiliki kode?  Jika buah tersebut tidak memiliki label maka harus dipertanyakan kualitasnya.

BAGIKAN