@Rayapos | Jakarta – Gelaran Asian Games XVIII yang berlangsung di Jakarta dan Palembang menyedot perhatian publik. Banyak negara yang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di pesta olahraga terbesar di Asia ini, tidak terkecuali Korea Utara.

Belakangan ini Korea Utara tengah menjadi sorotan dunia. Negara dengan ibukota Pyongyang itu selalu menghadirkan kejutan-kejutan ketika tampil Asian Games. Meski kontroversial, negara ini dianggap cukup berprestasi.

Tercatat Korea Utara telah mengikuti Asian Games sebanyak 11 kali diantaranya pada tahun 1974, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006, 2010, dan terakhir 2014.

Dari keseluruhan keikutsertaan tersebut, Korea Utara sudah mengantongi sebanyak 98 medali emas. Bahkan yang lebih mengejutkan adalah negara pimpinan Kim Jun-un ini menjadi pemegang rekor cabang olahraga angkat berat.

Baca Juga:

Hector Cuper Resmi Jabat Pelatih Uzbekistan

INASGOC Siap Lakukan Tes Doping Selama Asian Games

Melalui salah satu atletnya, Om Yun Chol, Korea Utara berhasil meraih rekor di Asian Games 2014. Bahkan keberhasilan tersebut menjadi perolehan medali emas pertama di ajang tersebut.

Saat itu, Yun berhasil memecahkan rekor dengan mengangkat berat 170 kg. Perolehan ini pun menjadi prestasi tersendiri bagi Korea Utara sejak mengikuti pesta olahraga bangsa Asia ini.

Lebih mengejutkan lagi, pada Asian Games kali ini akan tercipta sejarah baru. Pasalnya Korea Utara dan Korea Selatan akan bergabung dalam tiga cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

BAGIKAN