Astaga.. Garam ini mengandung serpihan kaca!

@Rayapos.com | Jakarta: Di tengah polemik bangsa mengenai kelangkaan garam, beredar kabar bahwa garam cap 2 Anak Pintar yang diperdagangkan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, mengandung pecahan kaca.

Hal itu ramai diperbincangkan warganet menyusul beredarnya video di media sosial. Garam Cap 2 Anak Pintar diduga telah dicampur dengan pecahan kaca yang telah diakali dengan ditumbuk agar menyerupai garam.

Dalam video tersebut, terlihat garam cap 2 Anak Pintar tengah diuji coba untuk dilarutkan dalam air.

Seorang wanita yang merekam video tersebut terdengar mengatakan bahwa garam cap 2 Anak Pintar tercampur dengan beling karena terdapat beberapa serpihan yang tidak larut dalam air.

“Garam yang merek 2 Anak Pintar ini ternyata mengandung beling. Kita larutkan garamnya terus kita saring dan ini garamnya mengandung beling. Ada beberapa butir beling,” ujar sang wanita.

Ia juga menjelaskan, ujicoba yang ia lakukan karena mendapat info dari pesan whatsapp.

“Kebetulan tadi ada beberapa informasi dari WA. Ini beling, Bu. Coba deh,” ungkapnya lagi.

Sumber : فطوم القدري (Facebook)

Garam yang telah beredar luas di Banjarbaru ini rata-rata telah habis terjual meskipun harganya kian menanjak.

Kemasan garam cap 2 Anak Pintar pun jika diperhatikan telah mendapat sertifikasi halal MUI dan bertanda SNI. Garam beryodium ini juga telah terdaftar di BPOM dan tercantumkan keterangan BPOM MD 245713009120.

Menanggapi kabar yang membuat resah warga, Balai Besar POM Banjarmasin dengan sigap melakukan pengujian.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Besar POM di Banjarmasin, Leonard Duma, mengatakan tidak ditemukan serpihan kaca dalam kandungan garam cap 2 Anak Pintar.

“Pengujian sudah selesai dan tidak adanya kaca,” katanya, Jumat (11/8).

Bagaimana menurut Anda?

LEAVE A REPLY