Atasi Kekurangan Stok Ikan, Walikota Usulkan Supaya Ada Pelabuhan Import di Bitung

@Rayapos | Bitung: Menurut Lomban, usulan ini disampaikan dalam rapat koordinasi tentang pembangunan industri perikanan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Deputi Infrastruktur Kemenko Maritim, Lt.16 Gedung BPPT 1, Jl.Thamrin No.8 Jakarta Pusat.

Rapat ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Deputi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Maritim di Kota Bitung pada 4 Mei 2016, guna membahas kebijakan industri perikanan Kota Bitung.

Menteri Kelautan Dan Perikanan melalui Dirjen tangkap, telah mengeluarkan Permen No 1 Tahun 2016, yang mengatur antara lain integritas yang melibatkan 6 instansi dalam rangka percepatan industri perikanan.

Ditambahkan oleh Lomban, dalam rakor tersebut dirinya bermohon agar  dibuka  pelabuhan import di Bitung, walaupun mungkin fasilitas itu hanya akan digunakan apabila diperlukan.

“Seandainya kita kekurangan bahan baku, kita dapat menggunakan fasilitas itu untuk import pengadaan bahan baku,” kata Lomban.

Menurut Lomban, Kemenko Maritim akan memfasilitasi hal tersebut dimana dari KKP juga berjanji akan melakukan percepatannya. Ia berharap koordinasi Menko Kemaritiman dan kementerian terkait lainnya akan mampu mengatasi kendala-kendala perlambatan perkembangan industri perikanan di Kota Bitung.

“Sehingga baik perusahaan penangkap ikan maupun unit pengolahan ikan yang berjumlah 53 itu bisa segera beroperasi secara maksimal dan optimal,” ujar Lomban. [Edwin Huwae]

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY