@Rayapos | Jakarta – Sebagian orang yang bekerja di kantoran tentu lebih banyak menjalankan rutinitas kerja sehari-hari dengan duduk menghadap komputer sepanjang hari.

Sejatinya, duduk berlama-lama di depan komputer dapat menyebabkan banyak resiko penyakit serius. Mulai dari terasa lemah, nyeri, dan meningkatkan inflamasi dalam tubuh.

Selain itu, duduk sepanjang hari juga membuat tubuh lebih sering lapar, menimbulkan tekanan darah tinggi dan gula darah naik. Tubuh secara umum juga akan lebih mudah lelah, nyeri dan sakit semua.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (25/10/2018), banyak penelitian yang mengemukakan hidup sedentar atau duduk diam di satu tempat sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Namun jika rutinitas seperti itu tidak mungkin Anda hindari sehingga mengharuskanmu duduk sepanjang hari, disarankan untuk mengosumsi makanan. Mau tau jenis makanan tersebut, yuk simak lima diantaranya.

1. Buah berry

buah-berry

Buah-buahan berry seperti bluberry, blackberry dan raspberry yang kaya kan vitamin C sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan. Selain itu buah-buahan jenis ini juga bisa mengurangi pegal-pegal akibat duduk berjam-jam.

Disarankan lebih baik mengonsumsi buah berry dengan warna yang agak gelap seperti blueberry atau blackberry karena memiliki antosianin yang lebih tinggi dibanding buah berry lainnya.

Baca Juga:

Cara Mandi Ternyata Dapat Gambarkan Kepribadian Seseorang, Lho!

Ngeri, Tidak Berolahraga Efeknya Lebih Buruk dari Merokok

Mau Diet Berhasil, Begini Caranya Girl..

2. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Coba ganti camilan keripik kentangmu dengan kacang-kacangan. Kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi pada kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan pistachio.

Kacang-kacangan bisa membuat kulitmu tidak kering dan bisa melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Pilih kacang yang diolah dengan dipanggang atau disangrai ya..

3. Ikan kaya lemak

salmon-tuna

Daging ikan memang dikenal mempunyai kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding daging atau ayam. Ikan mengandung lemak trans, omega-3 dan omega-6 yang baik untuk anti peradangan. Mengonsumsi ikan salmon dan tuna baik untuk tubuh dan kesehatan.

4. Flaxseeds

flaxseeds

Biji-bijian yang satu ini memang belum terlalu terkenal di Indonesia, namun biji-bijian ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat dalam flaxseeds sangat baik untuk meningkatkan metabolisme.

Flaxseeds juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Bahan makanan ini bisa kamu temukan dalam santapan salad buah yang dicampur dengan yoghurt.

5. Teh hijau

teh-hijau

Minuman ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Termasuk manfaatnya yang bisa menangkal peradangan yang diakibatkan duduk terlalu lama. Teh hijau juga bisa mengurangi resiko terkena obesitas akibat kurang gerak.