Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan (Foto : Ilustrasi)

@Rayapos | Jakarta – Saat ini smartphone sudah menjadi barang kebutuhan sehari-hari. Kehadirannya bukan hanya sekedar sebagai alat komunikasi, tetapi juga sangat membantu kita dalam melakukan segala aktivitas.

Di samping kegunaannya yang bermanfaat, ternyata ponsel juga memiliki sisi negatif bagi kesehatan. Ponsel memiliki pancaran gelombang elektromagnetik, sejenis radiasi non-ionisasi dengan level terendah. Tingkat kerendahannya masih di ambang batas aman, yakni di bawah 1,6 watt/kg.

Baca juga : Tidur dengan Gadget Turunkan Fungsi Otak

Walau dinyatakan aman, namun jika digunakan secara terus menerus tanpa ada batas waktu, radiasi yang dipancarkan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa diantaranya akan disebutkan dan dijelaskan dibawah ini:

Serangan Jantung
Radiasi gelombang elektromagnetik, bisa menyebabkan serangan jantung. Seringnya menggunakan ponsel di tempat tidur hingga terlelap, akan menyebabkan aliran darah tersendat. Jika letak ponsel dekat dengan jantung, akan menyebabkan kinerja otot jantung mengalami tekanan.

Kerusakan Otak
Gelombang radiasi yang dipancarkan ponsel dapat menembus jaringan otak. Jika terus menerus, gelombang radiasi ini akan menyebabkan glikoma yang akan berakhir pada kerusakan otak.

Kanker Kulit
Bahaya radiasi ponsel ternyata juga dapat menyerang sel kulit karena secara tak langsung pancaran radiasi akan meningkatkan suhu pada permukaan kulit serta merubah pigmentasi. Jika dibiarkan, ini akan memicu sel tubuh mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker.

Menganggu Peredaran Sperma
Para pria disarankan untuk tidak meletakan ponselnya di saku celana. Hal ini dapat memicu peredaran darah di alat reproduksi menjadi terhambat, bahkan dapat menurunkan kualitas sperma. Selain itu, radiasi negatif RF juga dapat menurunkan gairah seksual.

Katarak
Jika pengguna sering menggunakan ponsel mereka untuk menelepon berjam-jam, radiasi yang dipaparkan akan masuk kedalam rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah. Tanpa disadari, kornea mata sedikit demi sedikit akan mengalami penurunan kinerja, seperti kemampuan mengatur suhu dan air. Hal ini akan menimbulkan penyakit katarak.

Terserang Alzheimer
Paparan radiasi hp yang melewati rongga telinga akan menyebar kejaringan otak lebih dalam. Akibatnya, seseorang akan menjadi linglung, sering lupa, bahkan daya ingatnya menurun.

Comments

comments

BAGIKAN