Ini Bahaya Tantangan Skip Challenge

rayapos.com - skip challenge
Waspada, permainan Skip Challenge sebabkan kematian (FOTO: Ilustrasi/istimewa)

@Rayapos.com | Jakarta: Tantangan Skip Challenge atau biasa disebut Pass Out Challenge, kini sedang viral dan ramai di media sosial. Banyak kalangan, terutama orangtua dan guru mengkhawatirkan dampak berbahaya tantangan tersebut.

Meski baru tren beberapa waktu lalu di tanah air, tantangan Skip Challenge ini ternyata sudah lama ada di negara Amerika Serikat (AS) dan sekitarnya sejak tahun 1995 lalu.

Permainan ini dilakukan dengan cara menekan dada selama beberapa detik sampai si penantang merasa kekurangan oksigen, dan bahkan sampai kehilangan kesadaran.

“Bahaya dan risiko dari tantangan ini adalah hilangnya kesadaran, hipoksia (kondisi otak kurang pasokan oksigen), kejang, kerusakan otak, hingga kematian,” ungkap Dr Nick Flynn dari Union Quay, Medical Centre, Cork seperti dilansir irishexaminer.com.

Tantangan Skip Challenge kemungkinan juga tentang popularitas, dan mencoba untuk tidak ketinggalan tren. Sesuai dengan namanya, tantangan ini bisa jadi cara konyol untuk mengusir kebosanan, sensasi melayang (high) yang diberikan juga membuat para remaja mau melakukannya.

Selain itu, ada pula remaja yang melakukan Skip Challenge sebagai pelampiasan akibat tekanan emosi. Awalnya mereka mungkin hanya melakukannya sebagai tantangan, tapi setelah merasakan sensasinya, mereka merasa menemukan pelarian.[*]

Comments

comments