Inilah bagian baut yang dicuri. Foto: Ist

@Rayapos | Pekanbaru – Parahnya mental orang Indonesia ini. Baut jembatan Siak IV dicolong. Padahal, jembatan yang baru diresmikan sebulan lalu itu bisa ambruk akibat pencurian itu.

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riau menyatakan, akan segera mengganti banyaknya baut yang hilang di jembatan Siak IV.

Sebab, kondisi tersebut sangat membahayakan kontruksi jembatan. Tapi, karena ini bukan baut biasa, maka penggantiannya tidak bisa cepat.

“Kita sudah berkoordinasi dengan PT Bukaka untuk mendatangkan baut yang hilang dari jembatan itu,” kata Kadis PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Menurut Dadang, baut yang dicuri oleh orang tak bertanggung jawab itu sangat membayakan bangunan jembatan. Karena posisi baut yang dicuri justri merekatkan rangka besi sebagai penopang.

“Jadi memang sangat berbahaya sekali. Kami sangat menyayangkan kondisi ini. Karena dicuri baut-baut antara abutmen dengan pilar 11 yang ada di jembatan itu,” kata Dadang.

Pihak PUPR Riau kini sudah memesan baut ke Bukaka untuk menggantikan baut yang hilang tersebut.

“Kita harapkan dua tiga hari ini segera datang baut penggantinya. Begitu datang langsung akan kita pasang,” kata Dadang.

Jembatan Siak IV ini posisinya diujung Jl Sudirman yang membentang di atas sungai Siak. Dulunya jalan protokol ini hanya mentok dan berputar lagi ke jalan Sudirman.

Jembatan yang menghubungkan ke Rumbai ini diresmikan pada pertengahan Maret 2019 lalu. Dengan dibukanya jembatan ini, memudahkan masyarakat untuk langsung menuju ke Rumbai. (*)

BAGIKAN