Hiu Paus

@Rayapos | Jakarta – Sejumlah nelayan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan banjir apresiasi karena berhasil menyelamatkan seekor hiu paus yang terperangkap di jaring mereka.

Dalam video yang diunggah pemilik akun twitter @SimonBoykSinaga, Sabtu (17/2/2017) tampak sejumlah nelayan tengah berusaha melepaskan seekor hiu paus dari jaring.

Sepertinya, para nelayan tidak mengalami kesulitan saat menghalau ikan berukuran besar itu, hingga akhirnya sang ikan terbebas dan kembali ke laut lepas.

“Horeee…… dadah….. dadah……. selamat ikan paus… selamat!” begitu teriakan para nelayan setelah ikan itu terbebas.

Video berdurasi 43 detik itu disertai caption “Nelayan melepaskan Hiu Paus yg masuk ke dalam jaring mereka. Salut utk Nelayan Kab Tanah Bumbu Kalsel, ternyata Ikan tersebut ada juga diperairan Kalimantan.”

Selain menambahkan direct message (DM) ke akun menteri KKP @susipudjiastuti dan @kkpgoid, pengunggah juga mengajak warganet lainnya untuk membagikan video tersebut.

“mari kita share hal baik ini…” tulisnya.

Merespon unggahan video itu, banyak warganet yang memberikan pujian untuk para nelayan.

“Sungkem buat bapak bapak Nelayan Tanah Bumbu, meskipun hdp pas pas an, tetep cinta laut…” tulis @hakimlaut

“Bu Susi, nelayan2 itu hrs dikasih reward.” @wjpjp

“Terimakasih para nelayan yg baik hati. Telah menjaga kelestarian hidup hiu paus. Mencintai alam & seisinya.” @LWulanjar

“Joss makin meningkatnya kesadaran masarakat nelayan utk melestarikan ekosistim. Salut untk nelayan kalsel” timpal @Feerrdian10071164

Baca juga : 
Persija Juara, Dua Pemainnya Dapatkan Penghargaan
“Lelaki Lain di Hati” Kisah Nyata Penyanyi Bule Juara French Idol
Sebelum Terlanjur Parah, Cegah Sakit Tenggorokan Dengan Cara Sederhana Ini

Seperti diketahui, ikan hiu paus (Rhincodon typus) atau yang lebih dikenal dengan nama cucut geger lintang (cucut punggung bintang) merupakan spesies terbesar pemakan plankton. Mereka hidup diperairan tropis, seperti di Thailand, Maladewa, Filipina, Taiwan, Indonesia, Pulau Christmas, Sri Lanka.

Spesies hiu paus bergerak cukup lamban. Mungkin ini yang menyebabkan hiu paus paling sering terperangkap jaring nelayan.  Populasi hiu paus juga  semakin menghawatirkan, karena masih banyak nelayan yang sengaja menangkap untuk diambil dagingnya, minyak liver, serta siripnya yang bisa dijual mahal.

BAGIKAN