@Rayapos | Yogyakarta – Becak listrik segera dioperasikannya di wilayah DI Yogyakarta. Hal ini terungkap ketika uji coba dan sosialisasi becak listrik yang menghadirkan prototype Becak listrik Android (Belia) dan Becak Tenaga Alternatif Kayuh.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harri Agus Triyono menyambut baik rencana itu pengoperasian becak listrik. “Dishub sudah setuju dengan prototype ini, tinggal penyempurnaan,” ujarnya, Jumat (24/11/2018).

Menurut Harri, inovasi yang dihadirkan becak listrik ini dapat membantu pengemudinya menghemat tenaga saat mengayuh becak. Akan tetapi, pengembagan tersebut tidak menghilangkan sifat asli dari becak itu sendiri.

“Kalau ada inovasi, itu karena perkembangan teknologi dan ini untuk membantu meringankan. Kan enggak semua jalan di Yogya semua rata. Becak ya tetap seperti ini, mengayuh. Jangan sampai ada modivikasi yang menghilangkan ciri khas becak Yogya,” tuturnya.

Baca Juga:

Prabowo Didemo dan Didukung Pengemudi Ojek Online

Inilah Fakta Baru dalam Kasus Pembunuhan ‘Mayat Dalam Lemari’

Jengkel Difitnah, Jokowi: Mau Saya Tabok Rasanya

Dengan adanya inovasi ini, Harri berharap agar para pengendara becak motor (bentor) bisa beralih menggunakan becak listrik ini. Dua jenis becak listrik ini pun masih dalam tahap uji coba dan sosialisasi.

“Kita sebenarnya becak ya satu, enggak ada becak Yogya itu becak motor,” tandasnya.

Dalam uji coba ini, kata dia, pihaknya tetap memastikan terlebih dahulu aspek keamanan dan keselamatan. Untuk itu, perlu masukan dari seluruh pihak yang terkait seperti kepolisian dan juga komunitas becak itu sendiri.

“Yang diuji masalah kelayakan, bagaimana membawa penumpang, aspek keselamatan, kalau saat dibawa di jalanan yang ‘nanjak’ bisa tidak. secara teknis kita minta masukan dari semua pihak,” tukasnya

BAGIKAN