Putri Diana bersama Pangeran William dan Pangeran Harry

@Rayapos | Jakarta – Kepergian Putri Diana akibat sebuah kecelakaan tragis di Prancis pada 197 silam memang terjadi secara mendadak dan menjadi duka yang dalam bagi seluruh dunia, terutama keluarga dan kedua anaknya.

Seakan telah memiliki firasat untuk meninggalkan kedua putranya, Pangeran William dan Harry, untuk selama-lamanya, Putri Diana pun telah mempersiapkan segala sesuatunya. Ia pun menuliskan surat wasiatnya di tahun 1993, empat tahun sebelum ia meninggal.

Kebanyakan peninggalan Putri Diana diwariskan kepada William dan Harry. Dan rupanya masing-masing peninggalan tersebut memiliki makna spesial bagi keduanya.

Apa saja barang peninggalan sang putrid an maknanya?

1.Gaun Pengantin

Putri Diana dan gaun pengantinnya
Putri Diana dan gaun pengantinnya

Sebuah hal yang sangat jarang bagi anak laki-laki untuk mendapatkan warisan gaun pengantin. Tapi itu menjadi salah satu wasiat mendiang Putri Diana, yakni mewariskan gaun pengantin yang ia kenakan di tahun 1981 saat menikahi Pangeran Charles untuk Pangeran William dan Harry.

Gaun yang dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel itu memiliki keunikan tersendiri, yakni terusan sepanjang 25 kaki, terpanjang dalam sejarah royal wedding Inggris.

2.Jam Tangan Cartier

Putri Diana dan jam tangan Cartier favoritnya
Putri Diana dan jam tangan Cartier favoritnya

Ketika Putri Diana meninggal dunia, Pangeran William dan Harry masing-masing diizinkan untuk memilih kenang-kenangan sebagai salah satu peninggalan dari ibu mereka untuk disimpan.

Pangeran William memilih untuk menyimpan jam tangan Cartier Tank Francaise emas milik Putri Diana. Jam itu sendiri diberikan oleh Pangeran Charles kepada Diana dan menjadi salah satu jam tangan yang sering ia pakai.

3.Cincin Pertunangan

Putri Diana dan cincin pertunangannya yang digunakan Pangeran William untuk melamar Kate Middleton
Putri Diana dan cincin pertunangannya yang digunakan Pangeran William untuk melamar Kate Middleton

Berbeda dengan William yang memilih jam, Pangeran Harry membidik hal istimewa lain milik ibunya sebagai kenang-kenangan. Ia memutuskan untuk menyimpan cincin pertunangan Diana pemberian Pangeran Charles. Cincin dengan safir sebesar 12 karat yag dikelilingi oleh 14 solitaire diamonds.

Namun peraturannya cincin tersebut harus diserahkan kepada siapapu yang bertunangan terlebih dahulu. Itu sebabnya meski cincin tersebut merupakan pilihan Harry, William lah yang akhirnya menggunakannya untuk melamar Kate Middleton.

4.Kekayaan Bersih

Ketika Putri Diana meninggal dunia pada Agustus 1997, kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai £21 juta (setara dengan Rp 363 miliar).

Harta Diana meliputi investasi saham, perhiasan, pakaian, dan penyelesaian perceraian dari Pangeran Charles.

Seluruh harta tersebut dibagikan kepada beberapa pihak termasuk William dan Harry, juga 17 anak asuh Diana dan mantan pelayannya, Paul Burrel.

5.Dana Discretionary

Dalam wasiatnya, Diana mendirikan “Dana Discretionary” yang akan menguntungkan kedua putranya dan keluarga mereka di masa depan.

Sekitar 1.000 Poundsterling dilaporkan masuk ke dana tersebut, di samping akumulasi bunga dan pendapatan dari aset dana.

Sekarang Pangeran William dan Pangeran Harry telah menikah, sehingga Kate Middleton dan Meghan Markle juga diizinkan untuk menerima dan menggunakan uang dari dana ini.

6.Perhiasan dan harta benda lainnya

Putri Diana kenakan sedikit perhiasan dari berbagai koleksinya
Putri Diana kenakan sedikit perhiasan dari berbagai koleksinya

Sehari setelah dia menandatangani surat wasiat asli, Putri Diana menyusun dokumen tambahan yang disebut Letter of Wishes, di mana dokumen tersebut berisi perhiasannya dan barang-barang material lainnya.

Isi dokumen tersebut adalah meminta 75 persen dari barang pribadi ini didistribusikan secara merata antara William dan Harry.

7.Tanah perumahan

Putri Diana meminta agar setelah pembagian harta material dan alokasi Dana Discretionary, sisa tanahnya dibagi antara anak-anaknya. Dia mewariskan “residu estate” kepada mereka dengan syarat bahwa itu tetap dalam kepercayaan sampai mereka berusia 25 tahun.