Ambulance terus berdatangan membawa bagian tubuh korban (FOTO: RAYAPOS/KEMAL MAULANA)

@Rayapos | Jakarta – Kepala instalansi kedokteran forensik RS Polri Kombes Pol. Edy Purnomo mengimbau agar keluarga korban penerbangan JT-610 segera mendatangi Posko Ante Mortem untuk melakukan proses identifikasi.

Proses tersebut dilakukan di ruang Disaster victim investigation (DVI) yang terletak di gedung Sentra Visum RS Bhayangkara.

Kepala instalansi kedokteran forensik RS Polri Kombes Pol. Edy Purnomo menjelaskan, posko Ante Mortem sudah mulai dibuka per hari ini Senin (29/10/2018) untuk meraih data dari keluarga korban dengan pengecekan DNA dan sidik jari.

Baca juga:

7 Kantong Mayat Korban JT-610 Sudah Tiba Di RS Polri

Gagal Menang di Phillip Island, Iannone Salahkan Ban

“Kalau anda adalah keluarga korban asli, istri anak ayah atau ibu kenapa, ini berhubungan dengan pengambilan DNA. Yang kedua adalah tentang sidik jari,” kata Edy di ruang transit jenazah, RS Polri, Jakarta Timur, Senin (29/10/2018).

Untuk pemeriksaan sidik jari, pihak keluarga disarankan membawa sertifikat ijazah atau segala macam dokumen yang memuat sidik jari korban untuk nantinya dicocokan.

Bahkan dia juga meminta agar keluarga korban membawa foto terakhir korban saat berangkat menuju pangkal pinang, termasuk pakaian terakhir korban yang belum dicuci.

“jika ada kan biasanya selfie selfie, bawa saja kesini, silahkan diambil. Kembali ke DNA, sikat gigi atau segala macam silahkan dibawa ke sini. Pakaian terkahir yang blm dicuci blh dibawa ke sini bisa di ambil mudah mudahan bisa ketemu,” ungkapnya.

Selanjutnya, keluarga korban juga diharapkan membawa dokumen pribadi korban seperti foto copy KTP, SIM dan identitas pendukung lainnya. Namun baginya, yang terpenting adalah foto terakhir korban saat hendak berangkat menumoangi pesawat JT-610.

“Biasnaya orang indonesi hobinya selfie naik pesawat sebeleum berangkat selfie sama kawan-kawan jadi bisa ketauan. Pakai pakaian terkahirnya apa pakai jam tangannya apa pakaian cincin atau cincin akiknya apa celananya apa sepatunya apa kalau bisa ini bisa diidentifikasi. Sukur punya foto gigi dari dokter gigi,” tandasnya.

BAGIKAN