@Rayapos | Jakarta – Setelah rentetan hasil kurang memuaskan, Italia akhirnya meraih kemenangan perdana mereka di ajang UEFA Nations League. Bertandang ke Polandia, Gli Azzurri unggu lewat skor tipis 1-0 di Stadion Slaski, Senin (15/10/2018) dini hari WIB.

Pasukan Robero Mancini baru bisa memastikan tiga poin setelah bola sontekan Cristiano Biraghi pada menit akhir bersarang di gawang Polandia yang dikawal Wojciech Szczesny. Kekalahan itu pun mengirim Polandia degradasi ke UEFA Nations League B.

Jalannya Pertandingan

Sejak menit awal, Italia tampil menggebrak dan mencoba mendominasi jalannya laga. Sementara Polandia yang tampil di depan pendukung sendiri justru lebih memilih bertahan ketimbang menyerang.

Bahkan, pelatih Jerzy Brzęczek juga tidak memainkan penyerang yang sedang on fire dan menjadi top skorer di Eropa saat ini Krzysztof Piatek. Beruntung penampilan apik Szczesny mencegah Italia mencetak gol lebih banyak.

Baca Juga:

Tak Betah di Madrid, Modric Bakal Hengkang ke Inter Milan?

Hamilton Bisa Juara Formula 1, Jika..

Dilirik Atletico Madrid, Fabregas Ingin Bertahan di Chelsea

Jorginho membuka kans Italia di menit kedua, tapi tembakannya dari luar kotak penalti membentur mistar. Momen yang sama terjadi pada menit ke-30, kali ini Federico Chiesa yang kurang beruntung dan gagal membobol gawang Polandia.

Sejatinya Italia bisa relatif bebas mengendalikan permainan, tapi akses ke kotak penalti sangat dibatasi Polandia. Alhasil, Gli Azzurri lebih banyak melepas tembakan-tembakan jarak jauh yang kurang efektif. Skor tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Polandia tampil lebih membaik. Pergantian pemain yang dilakukan oleh Jerzy Brzęczek membuat serangan-serangan mereka menjadi lebih hidup. Gianluigi Donnarumma pun dipaksa berjibaku menyelamatkan gawang Italia.

Di menit ke-57, Kamil Grosicki berdiri bebas dan melepaskan tembakan ke arah gawang Italia. Namun Gianluigi Donnarumma sigap menepis bola dan jatuh ke kaki Piotr Zielinksi, hanya saja sambaran gelandang Napoli itu melambung tinggi.

Donnarumma kembali menunjukkan kelasnya pada menit ke-73 kala menggagalkan peluang kedua Grosicki. Skenarionya sama, bola pantulan mengarah ke penggawa Polandia lainnya, Arek Milik tapi eksekusi sang striker justru menjauh dari sasaran.

Gol yang dinantikan Italia akhirnya datang beberapa saat jelang laga berakhir. Berawal dari sepak pojok Lorenzo Insigne, bola mengarah ke posisi Kevin Lasagna dan kemudian melakukan sundulan menyilang, ada Cristiano Biraghi yang sukses menceploskan bola.

BAGIKAN