Dietmar Hamann

@Rayapos | Jakarta – Dietmar Hamann menyesalkan sikap Federasi Sepakbola Jerman (DFB) terhadap Mesut Ozil.Mantan pemain Timnas Jerman ini menuding otoritasi sepakbola negaranya justru membiarkan Ozil menjadi sasaran kritikan

Pernyataan Hamman ini disampaikan setelah Ozil mengejutkan publik dengan pernyataannya pensiun dari tim Der Panzer. Winger Arsenal itu merasa tak lagi dihormati hingga menjadi sasaran rasisme.

Pemain berusia 29 tahun yang memiliki garis keturunan Turki itu dikritik setelah sebuah fotonya bersama presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan beredar luas sebelum Piala Dunia 2018.

“Apa yang terjadi pada sang pemain meninggalkan rasa yang tidak enak pada mulut saya,” ujar Hamman sebagaimana dilansir laman Sky Sports News, Selasa (24/7/2018).

Baca Juga:

Dikritik DFB, Mesut Ozil Pensiun dari Timnas Jerman

NBA: James Harden Dukung Rockets Rekrut Carmelo Anthony

“Tentu sikapnya tak cerdas kala berfoto (dengan presiden Turki) hanya sebelum Piala Dunia dimulai. Tapi DFB seharusnya menangani itu. Sekarang semua orang menghujatnya. Kualitasnya dipertanyakan, kita seharusnya tetap kuat, bukan menjadi populis,” tuturnya.

Hamman menyebut DFB harusnya membahas masalah ini sebelum gelaran Piala Dunia 2018. Ia pun mempertanyakan kinerja badan otoritas sepakbola Jerman ini karena membiarkan masalah ini berlarut.

“Fakta seharusnya DFB bertindak sebaliknya setelah foto diambil. Masalah ini harusnya sudah terpecahkan sebelum Piala Dunia,” ujarnya.

“Kinerja buruk dari DFB dan menunjukkan kepemimpinan yang lemah. Mereka membiarkan masalah bertumbuh, itulah mengapa semua orang menyerang Ozil.”